TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cuaca Ciputat Tembus 37,2 Derajat Celcius

Terpanas Di Indonesia

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 27 April 2023 | 07:10 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kalau suhu panas yang terjadi di sejumlah wilayah. onjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2 derajat celcius terjadi pada tanggal 17 April 2023 di wilayah Kecamatan Ciputat. (dra)
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kalau suhu panas yang terjadi di sejumlah wilayah. onjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2 derajat celcius terjadi pada tanggal 17 April 2023 di wilayah Kecamatan Ciputat. (dra)

CIPUTAT -Suhu udara di sejumlah daerah di Indonesia mengalami peningkatan sejak Ramadan 1444 Hijriah lalu. Lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2 derajat celcius terjadi pada 17 April 2023 di wilayah Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kalau suhu panas yang terjadi di sejumlah wilayah merupakan fenomena akibat adanya gerak semu. 
 “Ini merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Jadi potensi suhu udara panas ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya,” tulis akun Instagram resmi BMKG, Rabu (26/4).

Sedangkan secara indikator statistik suhu kejadian, lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2 derajat celcius terjadi pada 17 April 2023 di Kecamatan Ciputat.
 Pantauan suhu udara yang sangat panas selama satu hari itu dilakukan melalui pengamatan Stasiun BMKG di Ciputat, pekan lalu. “Suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36 derajat celcius di beberapa lokasi,” tulis akun resmi BMKG itu.

 “Adapun variasi suhu maksimum 34 hingga 36 derajat celcius untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tulis @infobmkg lagi.

Plt Deputi Bidang Klimatologi, Dodo Gunawan menyampaikan dinamika atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu penyebab Indonesia mengalami suhu panas dalam beberapa hari terakhir.
 "Suhu panas ekstrem melanda negara-negara Asia sepekan terakhir. Indonesia tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan tergolong panas," ujarnya.

 Ia mengatakan, terdapat lima penyebab suhu panas di Indonesia yakni dinamika atmosfer yang tidak biasa, suhu panas April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah.

 Selain itu, tren pemanasan global dan perubahan iklim, gelombang panas heatwave semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. Kemudian dominasi monsun Australia, Indonesia memasuki musim kemarau. Dan intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo