TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Arus Mudik Dan Balik Lancar, Menhub Dan Kapolri Jempol

Laporan: AY
Kamis, 27 April 2023 | 09:48 WIB
Menhub Budi Karya dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat sidak di Stasiun Pasar Senin. Foto : Ist
Menhub Budi Karya dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat sidak di Stasiun Pasar Senin. Foto : Ist

JAKARTA - Lebaran tahun ini, dunia maya banjir pujian dari warganet ke pemerintah soal kegiatan mudik. Warga senang, karena arus mudik dan balik berjalan lancar. Tidak ada lagi kemacetan ekstrem yang selama ini kerap dialami pemudik. Atas keberhasilan ini, pemerintah khususnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, layak diacungi jempol.

Memang sejak jauh-jauh hari, pemerintah lewat Kapolri dan Menhub sudah menyiapkan berbagai kebijakan agar mudik Lebaran 2023 berjalan lancar dan aman. Mulai dari percepatan cuti Lebaran, rekayasa lalu lintas hingga kebijakan diskon tiket, jadi jurus yang dipake untuk menangani pemudik yang tahun ini jumlahnya jauh lebih banyak di banding tahun sebelumnya. Ditambah lagi penempatan personel kepolisian yang dibantu TNI dan Dishub di titik-titik yang selama ini dianggap paling rawan terjadinya kemacetan.

Terbukti, jurus itu ampuh. Saat arus mudik, di sejumlah ruas jalan tol tidak lagi terlihat antrian kendaraan yang mengular seperti tahun-tahun sebelumnya. Ribuan kendaraan yang masuk Tol Cikampek menuju Tol Trans Jawa, melintas dengan lancar berkat kebijakan satu arah maupun contra flow.

Begitu pula pemudik yang menggunakan jalur laut dan udara. Penumpang yang membludak dapat teratasi, lantaran Pemerintah memajukan cuti bersama dan memberi diskon pada tanggal tertentu untuk mengurai lonjakan penumpang.

Menteri Budi Karya yang sudah sibuk sejak sebelum bulan Puasa, membuat berbagai terobosan. Misalnya, mengusulkan pada kementerian terkait agar memajukan cuti bersama bagi ASN. Tujuannya, agar volume pemudik tidak membludak di hari yang sama.

Tak hanya itu, eks Dirut PT Angkasa Pura II itu juga meminta sejumlah ruas tol memberi diskon bagi kendaraan yang melintas. Tujuannya, agar pemudik bisa memilih tanggal tersebut untuk pulang kampung. Menhub juga kebijakan yang meminta maskapai penerbangan memberi potongan harga pada tanggal tertentu, agar pemudik bisa memilih tanggal tersebut untuk pulang kampung.

Jadi, meski lonjakan penumpang tinggi dengan tingkat okupansi 90 persen lebih bisa tertangani dengan baik. On time performance (OTP) atau ketepatan waktu juga terjaga dengan baik,” ujar Budi Karya Sumadi.

Hal yang sama juga dilakukan Kapolri. Eks Kabareskrim itu membuat langkah antisipasi di ruas tol Trans Jawa yang biasa dilewati pemudik. Mulai penambahan lajur jalan, maupun rekayasa lalu lintas seperti contra flow atau one way.

Berkat kebijakan tersebut, waktu tempuh arus mudik dan arus balik kendaraan lewat tol pada lebaran tahun ini mengalami penurunan. Jika tahun lalu memakan waktu 7 jam lebih, tahun ini hanya 6 jam 47 menit.

“Pengurangan waktu tempuh yang ada ini kabar baik kita semua. Ini menjadi evaluasi untuk perbaikan di tahun yang akan datang,” ujar Sigit.

Tak hanya di jalan tol, Sigit juga tetap menginstruksikan kepada jajarannya untuk tetap melakukan penjagaan serta pengamanan di arteri. Sebab mayoritas pemudik menggunakan kendaraan roda dua. “Semuanya masih bisa berjalan dengan baik,” beber Sigit.

Tak hanya menyiapkan jurus ampuh, Menhub dan Kapolri juga turun langsung mengecek pelaksanaan di lapangan. Mulai dari mengunjungi Tol Cikampek, stasiun, hingga ke sejumlah pelabuhan dan bandara. Keduanya berupaya memastikan, agar kebijakan yang dibuat benar-benar dilaksanakan oleh petugas di lapangan.

Tak heran, di dunia maya yang biasanya tiap tahun berisi keluhan soal macet, kini berganti pujian. Akun @IrmanPatiroi mengaku bersyukur, tradisi mudik tahun ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

“Manajemen transportasi mudik tahun ini keren. Lebih profesional sehingga arus mudik dan balik lancar Jaya. Tx Menhub Budi Karya Sumadi @kemenhub151 Kapolri @ListyoSigitP,” cuitnya.

Hal senada disampaikan @ulinyusron. Pemudik asal Jawa Tengah ini merasakan betul bagaimana rasanya mudik yang lancar. Sebab, waktu tempuh perjalanannya bisa berlangsung singkat.

“Sebagai pemudik, aku puas mudik tahun ini lancar jaya: Jakarta-Solo-Karang Anyar-Semarang-Salatiga-Jepara-Kudus-Jakarta tanpa ada kemacetan mengular. Terima kasih Pak Jokowi dan semua penyelenggara negara yang terlibat,” kicaunya.

Sementara akun @CryptoKuta berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, sebab pembangunan infrastruktur sangat signifikan dalam membantu tradisi masyarakat Indonesia untuk pulang kampung.

“Mudik lebaran yang menjadi tradisi berjalan lancar dan aman, perjalanan ditempuh singkat,” pungkasnya. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo