TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Biaya Acara Raja Charles Rp 1,8 Triliun, Tamunya Wong Cilik Hingga Pemimpin Dunia

Oleh: Farhan
Sabtu, 06 Mei 2023 | 19:22 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

INGGRIS - Jumlah tamu yang menghadiri Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey, London, sangat terbatas, sekitar 2.000 peserta. Sebagai acara kenegaraan dengan anggaran Rp 1,8 triliun, Pemerintah Inggris terlibat mengatur daftar tamu.

Para pemimpin dunia dan selebritas bakal hadir. Meskipun beberapa nama terkenal tidak akan hadir pada upacara itu, seperti Presiden Joe Biden dan Meghan Markle (meskipun Pangeran Harry akan hadir).

Untuk memeriahkan acara penobatan itu, bakal digelar konser bertabur bintang, Minggu (7/5). Yang bakal tampil termasuk Katy Perry, Lionel Richie, Nicole Scherzinger, penyanyi opera Italia Andrea Bocelli, grup pop Inggris Take That, musisi Inggris Alexis Ffrench dan penyanyi Welsh Sir Bryn Terfel.

Tom Cruise, aktris Joan Collins, penyanyi Tom Jones, Bear Grylls, dan Winnie the Pooh akan muncul dalam Cruise akan tampil dalam serangkaian sketsa dan segmen yang telah direkam terlebih dulu. Dia akan mengungkapkan fakta-fakta yang tidak banyak diketahui tentang Raja Charles III. Aktris India Sonam Kapoor juga akan tampil dalam acara itu.

Charles III akan dimahkotai pada 6 Mei dalam upacara yang sangat tradisional dan mewah, meskipun hanya akan dihadiri seperempat dari 8.000 tamu ibunya, Elizabeth II, pada penobatannya tahun 1953.

Penobatan Raja Charles dilaporkan telah menghabiskan sekitar 100 juta poundsterling atau setara Rp1,8 triliun. Jumlah tersebut merupakan saweran Pemerintah Inggris, para pembayar pajak, serta Istana Buckingham. Namun tidak diungkapkan jumlah pembagiannya.

Ratusan undangan adalah wong cilik sebagai bentuk pengakuan atas pekerjaan amal mereka. Sehingga, menyisakan lebih porsi untuk bangsawan dan politisi Inggris.

Yang Hadir

Sebagian besar Keluarga Kerajaan Inggris—termasuk Pangeran William dan Catherine, Pangeran Harry, Pangeran Andrew, dan Putri Anne.

Ibu Negara Jill Biden didampingi cucunya, Finnegan Biden. Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak hadir, dan membacakan ayat Alkitab pada upacara tersebut.

Mantan PM Inggris yaitu Liz Truss, David Cameron, dan Tony Blair. Menteri Pertama Skotlandia Humza Yousaf dan pemimpin partai Sinn Féin Irlandia Utara Michelle O'Neill.

Hadir juga Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istri Brigitte, PM Canada Justin Trudeau, Presiden Polandia Andrzej Duda, PM Australia Anthony Albanese, PM Pakistan Shehbaz Sharif, dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos.

Beberapa bangsawan yang hadir di antara para tamu, termasuk Pangeran Albert dari Monako, Putra Mahkota Frederik dan Putri Mary dari Denmark, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, Raja Carl XVI Gustaf dan Putri Mahkota Victoria dari Swedia.

Tampak juga Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol dan Putra Mahkota Fumihito dan Putri Mahkota Kiko dari Jepang.

China dan India masing-masing diwakili wakil presiden mereka, Han Zheng dan Jagdeep Dhankhar. Sementara Presiden Komisi  Eropa Ursula von der Leyen juga hadir.

Para selebriti yang diundang termasuk duo komedi Inggris Anthony McPartlin dan Declan Donnelly (dikenal sebagai Ant & Dec), aktris Joanna Lumley, pemimpin redaksi British Vogue Edward Enninful dan musisi Australia Nick Cave.

Untuk anggota parlemen, awalnya hanya 40 kuota bagi Anggota Parlemen. Tetapi 400 tiket tambahan dilaporkan telah disediakan.

Di antara peserta akan ada 850 anggota masyarakat (wong cilik). Mereka termasuk 450 penerima Medali Kerajaan Inggris dan 400 orang dari kelompok yang dipilih oleh Keluarga Kerajaan sebagai pengakuan atas layanan kepada komunitas mereka.

Tidak Hadir

Meghan Markle dan anak-anaknya akan tetap di rumah di California. Begitu juga dengan Joe Biden. Faktanya, tidak ada presiden AS yang menjabat menghadiri penobatan Inggris.

Negara-negara yang tidak diundang untuk mengirim perwakilan, termasuk Rusia, Belarusia, Myanmar, Afghanistan, Suriah, Venezuela, dan Iran.

Bangsawan Inggris yang tidak diundang Lady Pamela Hicks, seorang pengiring pengantin dan dayang Elizabeth II. Duke of Rutland David Manners juga tidak diundang. Ia mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia tidak tahu mengapa demikian. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo