TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Profil Sumardji, Manajer Timnas Yang Digebukin Thailand Di Final SEA Games

Oleh: Mg.1
Rabu, 17 Mei 2023 | 10:17 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

KAMBOJA - Final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia dan Thailand di National Stadium, Kamboja, malam ini diwarnai keributan antara pemain dan ofisial kedua tim. Dalam insiden tersebut, Sumardji, Manajer Timnas U-22 Indonesia, ikut jadi korban pemukulan. 

Polisi berpangkat Kombes ini sampai terjatuh, diduga setelah dipukul oleh staf ofisial Thailand. Padahal dari sejumlah rekaman video, terlihat Sumardji hendak melerai keributan itu. Ketika dipapah keluar lapangan, mulut pria berkaca mata ini tampak mengeluarkan darah.

Banyak yang penasaran, siapa sebenarnya Sumardji ini? Simak berikut ini profil lengkap Manajer Timnas Indonesia:

Lahir di Nganjuk, Jawa Timur

Sumardji adalah seorang pria kelahiran Nganjuk, Jawa Timur pada tanggal 12 Februari 1972.

Seorang Polisi dengan Pangkat Kombes

Selain berkarier sebagai manajer timnas, Sumardji juga merupakan seorang perwira menengah Polri yang masih aktif. Ia mendapatkan pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) setelah menyelesaikan pendidikan di Secapa Polri pada tahun 2001.

Jabatan-jabatan Mentereng

Selama kariernya di kepolisian, Sumardji telah menduduki berbagai jabatan strategis, antara lain:

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya

Wadirpolairud Polda Metro Jaya

Kapolresta Sidoarjo (2020)

Dirlantas Polda Bengkulu (2021)

Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasum Polri (2023)

Karier di Dunia Sepakbola

Sumardji memulai karier manajerialnya pada tahun 2016 sebagai Manajer Bhayangkara FC, tim sepak bola yang dimiliki oleh Polri dan bermain di Liga 1. Pada musim 2017, Bhayangkara FC berhasil meraih gelar juara Liga 1 di bawah kepemimpinan Sumardji.

Sukses bersama Timnas Indonesia

Berkat keberhasilannya sebagai manajer Bhayangkara FC, Sumardji mendapatkan kesempatan menjadi manajer Timnas Indonesia. Ia telah memimpin Timnas U-19, U-23, dan timnas senior. Beberapa prestasinya antara lain:

Juara Piala AFF 2019 dengan Timnas U-22 Indonesia, setelah mengalahkan Thailand 2-1 dalam pertandingan final di Vietnam.

Posisi runner-up Timnas Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina.

Peran di PSSI

Sumardji juga aktif di PSSI. Pada tahun 2020, ia bergabung dengan Tim Nasional Indonesia (Satgas Timnas) yang dibentuk oleh Ketua Umum PSSI saat itu, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Pada periode 2023-2027, Sumardji terpilih sebagai anggota Exco PSSI sambil tetap memegang posisi sebagai Manajer Timnas Indonesia. 

Nasibnya kembali mujur, tim yang ditangani kembali menoreh kemenangan. Timnas U-22 berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand 5-2 di final SEA Games 2023 tadi malam.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo