TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Catat Harga Properti Naik Terbatas Di Triwulan I

Laporan: AY
Rabu, 17 Mei 2023 | 11:06 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SERPONG - Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) mencatat harga properti residensial di pasar primer pada triwulan I-2023 meningkat terbatas. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi, Erwin Haryono mengatakan, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I-2023 tercatat sebesar 1,79 secara tahunan, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan 2,00 persen pada triwulan sebelumnya.

Dari sisi penjualan, hasil survei mengindikasikan penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan I-2023 mengalami penurunan. Penjualan properti residensial terkontraksi sebesar 8,26 persen secara triwulan I-2023, lebih rendah dari penjualan triwulan sebelumnya yang tumbuh positif sebesar 4,54 persen.

“Hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan nonperbankan masih menjadi sumber pembiayaan utama untuk pembangunan properti residensial,” katanya.

Pada triwulan I-2023, sebesar 73,31 persen dari total kebutuhan modal pembangunan proyek perumahan berasal dari dana internal. Sementara itu dari sisi konsumen, fasilitas KPR masih menjadi pilihan utama dalam pembelian properti residensial dengan pangsa sebesar 74,83 persen dari total pembiayaan. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo