TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Festival Panen Karya Di SMPN 11 Tangsel

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 19 Mei 2023 | 07:05 WIB
Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 11 Kota Tangsel gelar festival Panen Karya. (dra)
Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 11 Kota Tangsel gelar festival Panen Karya. (dra)

SERPONG-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 11 Kota Tangsel gelar Festival Panen Karya. Kegiatan tersebut bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema "Gaya Hidup Berkelanjutan Dengan Semangat Kewirausahaan Tanpa Meninggalkan Kearifan Lokal". Festival Panen Karya digelar sejak 15-17 Mei 2023 di halaman SMPN 11 Tangsel, Jalan Buana Kencana, Rawa Buntu, Serpong. 

 Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel, Muslim Nur menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder atas kerjasamanya, sehingga dapat melaksanakan sesuatu yang luar biasa ini.
 "Kolaborasi dari semua, baik dari pihak sekolah dan pihak luar. Tanpa bantuan orang tua kegiatan ini dapat berjalan dan dapat mengoptimalkan yang ada di sekolah atau yang diluar dapat dilaksanakan. Kami Dindikbud Tangsel sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kegiatan ini," ujarnya.

 Muslim melihat kegiatan tersebut sangat berbeda, terutama dalam menggali potensi siswa. Hal itu dapat terlaksana dalam kurikulum sekolah yang saat ini sudah berjalan yaitu Kurikulum Merdeka. 
 "Kegiatan ini sudah berjalan 3 hari, dan kegiatan ini adalah wujud kemandirian siswa. Kegiatan Festival P5 ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat berbeda yang tidak dapat ditemui oleh kurikulum-kurikulum sebelumnya. Mudah-mudahan semua dapat terwujud dalam Kurikulum Merdeka ini," katanya.

 Dia juga meminta agar orang tua tidak menyalahartikan pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan festival juga merupakan bagian dalam proses belajar peserta didik dalam Kurikulum Merdeka.
 "Para Orang tua jangan beranggapan kegiatan anak-anak ini tidak belajar. Ada banyak manfaat dalam kegiatan ini. Nilai-nilai yang dapat berguna bagi anak-anak di masa datang. Kami Disdik Tangsel memberikan nilai setinggi-tingginya," ungkapnya. 

 Sementara, Wakil Kepala Bidang Humas SMPN 11 Tangsel, Salim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang lebih kepada pengembangan dan penguatan siswa.
 "Berorientasi kepada pengembangan serta arah tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk kolaborasi, tanggung jawab, dan inovasi untuk dapat mendekatkan lembaga sekolah dengan pihak-pihak luar," paparnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo