TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Melihat Bimek Juru Sembelih Halal Oleh MUI Tangsel

Peserta Praktik Mengasah, Potong Dua Ekor Sapi

Laporan: Sudin Antoro
Jumat, 19 Mei 2023 | 07:15 WIB
Ist.
Ist.

PAMULANG - Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (Juleha) Angkatan VII 2023 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel berlangsung pada Kamis (18/5). Berlokasi di Gedung Kelembagaan Kota Tangsel, Jalan Siliwangi No 2 Pamulang dan diikuti 150 peserta. Bimtek ini sekaligus menyiapkan juru sembelih yang handal dalam menghadapi Idul Adha.

Bimtek ke VII dibuka Asisten Daerah (Ada) Satu Kota Tangsel, Dadang Raharja. Dia menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel mendukung penuh kegiatan positif seperti ini. Dimana upaya dakwah kepada masyarakat tentang pemotongan hewan yang halal. Dengan cara pemotongan sesuai syariat, maka daging yang dihasilkan akan menyehatkan badan.

 "Atas nama Pemerintah Kota Tangsel sangat mendukung Bimtek Juru Sembelih Halal. Sehingga daging yang didistribusikan adalah daging yang dihasilkan melalui cara yang sesuai dengan ajaran Islam," ujarnya.

 Menurut Dadang, dengan hewan yang disembelih sesuai syariat Islam, selain dagingnya menyehatkan juga prosesnya tidak menyakiti atau menyiksa hewan yang disembelih. Sebab saat proses penyembelihan wajib dilakukan dengan penuh kelembutan. Jangan sampai ada unsur kekerasan. 
 "Dan Islam mengajarkan sedemikian detail tentang tatacara penyembelihan hewan. Jangan sampai hewan yang disembelih stres akibat diperlakukan dengan kasar," tambah ia.

 Menurut Ketua I Bidang Penetapan Hukum, Fatwa dan Perundang-Undangan MUI Kota Tangsel, KH Hasan Mustofi, kehalalan binatang ternak yang secara jenisnya halal, tetapi harus didasarkan pada tehnik penyembelihannya menurut syari'at Islam. Baik secara manual maupun teknologi, syarat penyembelih yaitu Islam, dewasa (baligh) dan berakal sehat, baik laki-Iaki maupun perempuan.

 "Ketika akan menyembelih harus membaca Basmalah. Serta alat penyembelihan pisaunya harus tajam dan harus disembelih di lehernya dengan memutuskan saluran pernafasan (trachea/hulqum), /marik), hingga dua urat leher saluran makanan (oesophagus (wadajain)-nya," ujarnya.

 Sedangkan hewan yang tidak dapat disembelih di lehernya karena liar atau jatuh ke dalam lubang, maka penyembelihannya dapat dilakukan di bagian mana saja dari badannya asal dapat mati karena luka tersebut. 
 Ia melanjutkan, aspek kesunnahan sebaiknya hewan yang akan disembelih dihadapkan ke arah kiblat. Digulingkan ke sebelah rusuknya yang kiri agar mudah disembelih. Hewan yang panjang lehernya, hendaknya disembelih di pangkal lehernya dengan memotong dua urat yang ada di sebelah kiri dan kanan. 

 Dengan demikian, diharapkan dapat mempercepat kematiannya. Serta bagi orang yang akan menyembelih, disunnahkan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW, Allahumma Shalli 'Ala Sayyidina Muhammad dan membaca takbir, Allahu Akbar sebanyak tiga kali, di samping membaca basmalah Bismillahirrahmanirrahim. Orang yang menyembelih hewan ternak, disunnahkan menjaga kebersihan sehingga tidak mencemari lingkungan.c

 Drh Pipit Surya Yuniar dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel menambahkan, syarat hewan kurban sehat, tidak cacat, dan cukup umur serta tidak kurus.

 Pengembangan SDM Juleha Tangsel, Vijjay Ramadhan menyampaikan materi tentang pengenalan bilah dan dasar mengasah. Dia menjelaskan berbagai jenis bilah serta cara mengasah yang baik dan benar. 
 Dalam Bimtek itu turut hadir Ketua Juleha Tangsel Ali Muharram, serta Ketua Panitia MUI KH Bahrudin dan KH Sirojudin Mukhtar sebagai moderator.

 Pada Bimtek tahun ini peserta praktik langsung menyembelih dua hewan kurban sapi. Juru sembelih diundi berdasarkan nomor urut pendaftaran. Ini untuk melatih keberanian dan mental para peserta. Bukti praktik langsung ini di hadapan para mentor, sehingga langsung diarahkan. Peserta juga mendapatkan sertifikat dari acara ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo