TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Penuhi Undangan KTT G7 di Jepang, Jokowi Perjuangkan Suara Negara Berkembang

Laporan: AY
Jumat, 19 Mei 2023 | 11:25 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAKARTA -  Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Hiroshima, Jepang, menghadiri undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 atau G7 Outreach Summit tahun 2023, tadi pagi, Jumat (19/5).

Kepala negara dan sejumlah delegasi terbang menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Sekitar pukul 09.00 WIB, presiden take-off dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Hari ini saya bersama ibu negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan presiden G7 PM Kishida Jepang," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5).

Di dalam pertemuan G7 nanti, terang Jokowi akan dibahas mengenai perubahan iklim, pangan, energi dan yang lain-lainnya. "Dan kita ingin berkontribusi di situ karena kita pernah diundang dua kali. Di G7 sebelumnya dan sekarang di Jepang," sambungnya.

Kepala menegaskan bahwa kehadiran Indonesia nantinya juga akan membawa aspirasi dari negara-negara berkembang, khususnya negara-negara ASEAN.

"Kita akan membawa suara dari global sound, yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan. Bukan negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Tapi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu," tegasnya.

Salah satu topik yang akan disuarakan adalah terkait dengan perdamaian. Terutama soal penanganan konflik di Myanmar, yang belum kunjung mereda.

"Tempatnya adalah Hiroshima, dan itu adalah simbol perdamaian. Suara di ASEAN beberapa poin akan kita sampaikan, di G7 mungkin yang berkaitan dengan Myanmar," tutup mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jepang yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan serta Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. 

Sementara Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut hadir di Pangkalan TNI AU melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan rombongan. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo