TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ini Tanggapan Rusia, Soal Rencana Amerika Kirim Jet Tempur F-16 Ke Ukraina

Laporan: AY
Minggu, 21 Mei 2023 | 09:30 WIB
Wakil Menlu Rusia Alexander Grushkov
Wakil Menlu Rusia Alexander Grushkov

JEPANG - Pemerintah Rusia meradang, begitu mendengar pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam pertemuan KTT G7 Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5). Biden menyebut, pihaknya akan segera mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina. Sekaligus mengizinkan sekutu-sekutunya di Barat untuk menyuplai Ukraina dengan pesawat canggih tersebut.

Tak cuma itu. Washington juga akan melatih pilot-pilot Kiev, agar mahir mengoperasionalkan F-16.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko mengatakan, langkah itu menunjukkanja, negara-negara Barat terus berpegang pada skenario eskalasi, yang sejatinya membawa risiko besar bagi mereka

Pemerintah Rusia meradang, begitu mendengar pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam pertemuan KTT G7 Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5). Biden menyebut, pihaknya akan segera mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina. Sekaligus mengizinkan sekutu-sekutunya di Barat untuk menyuplai Ukraina dengan pesawat canggih tersebut.

Tak cuma itu. Washington juga akan melatih pilot-pilot Kiev, agar mahir mengoperasionalkan F-16.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko mengatakan, langkah itu menunjukkanja, negara-negara Barat terus berpegang pada skenario eskalasi, yang sejatinya membawa risiko besar bagi mereka.

Bagaimanapun, kami akan memperhitungkan saat membuat rencana. Kami memiliki semua sarana yang diperlukan untuk mencapai tujuan kami," kata Grushko di sela-sela Majelis ke-31 Dewan Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan, seperti dikutip TASS, Sabtu (20/5).

Jadi Bintang

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky jadi bintang di KTT G7 Hiroshima Jepang.

Presiden berusia 45 tahun itu tiba di Hiroshima, menumpang pesawat pemerintah Prancis, usai menghadiri KTT Liga Arab di Arab Saudi.

Begitu pesawat mendarat, Zelensky langsung berlari menuruni tangga, dan masuk ke dalam mobil yang telah menunggu.

Di tempat acara, Zelensky langsung menghadiri pertemuan bilateral dengan berbagai pemimpin dunia. Termasuk Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, yang menyambutnya dengan ramah, "Anda berhasil!".

Zelensky datang tak lama setelah Washington menegaskan kebijakan untuk mengirim pesawat tempur F-16, dan membuka sesi latihan untuk para pilotnya. Serta mengizinkan sekutu untuk ikut menyuplai pesawat tempur canggih ke Kiev.

Kunjungan Zelensky mendorong para pemimpin G7 menerbitkan pernyataan kutukan terhadap Rusia, lebih awal. Di samping mengecam koersi ekonomi, yang dianggap telah disalahgunakan oleh Beijing, terhadap beberapa negara.

Agenda pokok pertemuan ini adalah soal invasi Rusia ke Ukraina, yang telah berjalan 15 bulan. Kehadiran Zelensky menjadi pengukuh alasan pentingnya diskusi tersebut. (RM.id)

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo