TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gelar Pertemuan Bilateral Di Momen KTT G7

Jokowi Minta Kanada Dan Inggris Bantu Proyek IKN

Laporan: AY
Senin, 22 Mei 2023 | 08:31 WIB
Presiden Jokowi ketika bertemu PM Inggris. Foto : Ist
Presiden Jokowi ketika bertemu PM Inggris. Foto : Ist

JEPANG - Presiden Jokowi memanfaatkan momen pertemuan pemimpin negara anggota Kelompok Tujuh (Group of Seven/G7) untuk mendorong percepatan kerja sama ekonomi.

Salah satunya, realisasi investasi di Ibu Kota Negara (IKN). Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bi­lateral terpisah dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, di sela-sela KTT G7 di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5).

Pada pertemuan, Jokowi me­minta dukungan Trudeau terkait perjanjian kerja sama ekonomi kedua negara.

“Mohon dukungan Yang Mu­lia terkait penyelesaian perjan­jian Indonesia-Kanada CEPA, realisasi investasi Pension Funds Kanada yang fokus di pembangunan Ibu Kota Nusan­tara, pembangunan mekanisme pendanaan untuk feasibility study bagi proyek greenfield di Indonesia,” kata Jokowi ke­pada Trudeau, dalam keterangan tertulis Istana, Sabtu, (20/5).

CEPA adalah Comprehensive Economic Partnership Agree­ment atau kerja sama bilat­eral antara dua negara di bidang ekonomi.

Selain itu, Presiden juga men­dorong percepatan realisasi pengembangan bandara hijau di Kalimantan Utara, eksplorasi dan pengayaan logam tanah ja­rang, serta pembentukan satuan tugas bilateral.

Presiden mengapresiasi du­kungan negara-negara G7, ter­masuk Kanada dalam membantu transisi energi Indonesia.

“Saya harap dukungan dana 20 miliar dolar AS dapat segera direalisasikan tapi tidak dalam bentuk utang,” ujar Presiden.

Terkait ketahanan pangan, Presiden mendorong implemen­tasi kesepakatan antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan Canadian Com­mercial Corporation terkait pasokan potas dan gandum.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berharap Trudeau akan datang ke KTT ASEAN-Kanada yang akan dihelat pada September 2023 di Indonesia. “Sampai jumpa di Jakarta, PM Trudeau,” tuturnya.

Selain dengan Kanada, Jokowi melakukan pertemuan dengan Rishi Sunak. Dalam pertemuan, Presiden berharap Inggris mem­berikan hibah untuk pembangunan IKN Nusantara. Inggris telah mem­beri hibah sekitar 11 juta dolar AS untuk transportasi berkelanjutan di beberapa kota di nusantara.

“Saya harap bisa diperluas ke kota lain, termasuk Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo