TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ogah Kerja, Maunya Cuma Leyeh-leyeh

Oleh: Farhan
Selasa, 23 Mei 2023 | 08:10 WIB
Tempat tinggal Li Shu. Foto : Ist
Tempat tinggal Li Shu. Foto : Ist

CHINA - Li Shu (29) yang tinggal di tenda area bekas parkiran, menjalani gaya hidup leyeh-leyeh, budaya yang sedang tren di kalangan anak muda China.

Kejadian itu berawal pada akhir 2018. Kala itu, Li Shu berhenti dari pekerjaannya di Provinsi Sichuan dan mulai menghabiskan sebagian besar waktunya bersantai di apartemen sewaannya.

Lambat laun dia menyadari, tanpa penghasilan akan menghabiskan semua tabungannya dengan cepat. Jadi, dia memotong pengeluaran hariannya menjadi hanya 10 yuan (sekitar Rp 21.200) per hari.

Setelah bertahun-tahun harus membayar sewa, tanpa bekerja, duit simpanannya pun habis. Karena ogah bekerja, untuk memenuhi kebutuhannya, Li menjual sebagian besar barang miliknya, dan mendapat 400 yuan (sekitar Rp 850.000).

Budaya leyeh-leyeh belakangan makin populer di Negeri Tirai Bambu. Namun, apa yang dilakukan Li, bagi sebagian orang dianggap bukan pilihan hidup yang baik. Apalagi, Li juga tampak tidak bergairah menjalankan hidup sebagaimana mestinya.

“Ketika mengambil keputusan dalam hidup, Anda perlahan akan merasakan kedamaian dan terbiasa dengan keadaan. Santai,” ujar Li, dilansir Oddity Central, kemarin.

Li mengklaim, dirinya bukan tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Teman-temannya juga sudah menawarkan tempat tinggal untuknya. Namun, Li tetap pada pendiriannya.

“Itu pilihan saya,” tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo