TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kloter 10 JKG Asal Tangsel Kunjungi Masjid Quba

Laporan: Sudin Antoro
Selasa, 30 Mei 2023 | 07:05 WIB
Jamaah Haji Kota Tangsel yang tergabung dalam Kloter 10 JKG pada Senin (29/5) melakukan City Tour Madinah, berangkat Ba’da subuh untuk mengunjungi beberapa tempat, antara lain Masjid Quba.(din)
Jamaah Haji Kota Tangsel yang tergabung dalam Kloter 10 JKG pada Senin (29/5) melakukan City Tour Madinah, berangkat Ba’da subuh untuk mengunjungi beberapa tempat, antara lain Masjid Quba.(din)

CIPUTAT - Jamaah Haji Kota Tangsel yang tergabung dalam Kloter 10 JKG pada Senin (29/5) melakukan City Tour Madinah, berangkat Ba’da subuh untuk mengunjungi beberapa tempat, antara lain Masjid Quba.

Ketua Kloter 10 JKG, Asep Azis Nasser, menuturkan ada 8 jemaah yang tidak mengikuti City Tour Madinah ini karena beberapa faktor, antara lain karena faktor usia sehingga kurang fit dan menyiapkan tenaga untuk ibadah haji.
“Ada juga jemaah yang ikut tapi tidak semua tempat dikunjungi, jadi mereka tetap di dalam bus,” jelasnya. 

City Tour Madinah Kloter 10 JKG ini berangkat sekitar pukul 06.00 WAS dan kembali ke hotel pukul 10.15 WAS.
“Jarak tempat yang dikunjungi memang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu lama mampir di setiap tempat, karena jemaah akan melakukan sholat Zuhur rangkaian dari sholat Arba’in,” jelasnya.

Di masjid Quba mereka melakukan Salat sunnah. Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW saat beliau hijrah dari Mekah ke Madinah.
Dalam sebuah hadits disebutkan, “Barang siapa yang telah bersuci, berwudhu di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba lalu Salat  di dalamnya dua rakaat, maka baginya sama dengan pahala umrah.” (Sunan ibn Majah, no 1412).

Tempat kedua yang dikunjungi adalah Masjid Qiblatain. Dinamakan demikian karena masjid ini merupakan masjid yang memiliki dua mihrab atau arah kiblat.Di masa awal, umat Islam sholat menghadap ke Masjidil Aqsha, lalu turun wahyu yang memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk pindah arah kiblat menghadap Masjidil Haram.

Selanjutnya, jamaah haji diberangkatkan menuju Jabal Uhud, tempat para Syuhada perang Uhud dimakamkan termasuk paman Nabi Muhammad SAW yang bernama Hamzah.
Berikutnya mereka melewati kawasan Khandak, tempat terjadinya perang Khandak. Dan terakhir mereka mampir ke pasar Kurma.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo