TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Berbagai Cara Hilangkan Karang Gigi Secara Alami

Oleh: Mg.1
Minggu, 04 Juni 2023 | 15:01 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Tidak hanya mengganggu penampilan, karang gigi juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada gigi dan gusi kita. Oleh karena itu, karang gigi harus segera dibersihkan dan dihilangkan. 

Meskipun disarankan agar pergi ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi, namun karang gigi dapat dihilangkan secara alami dan cepat. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dicoba sendiri. 

1. Menyikat Gigi dengan Bubuk Soda Kue

Beberapa pasta gigi sudah mengandung baking soda sebagai bahan abrasif yang mampu menghilangkan karang gigi. Namun, kita dapat mencampur pasta dengan beberapa tetes air yang telah dicampur oleh setengah sendok teh baking soda. 

2. Berkumur Cuka Putih dan Air

Meskipun memiliki rasa yang kuat, cuka putih bersifat anti-bakteri yang bisa membantu mencegah karang gigi dan plak. Caranya, hanya dengan menambah dua sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air. 

3.Mengoleskan Kulit Jeruk

Kandungan vitamin C pada kulit jeruk, memiliki sifat anti-mikro bakteri yang mampu memotong karang gigi dan membunuh mikroba pada gigi. Hancurkan kulit jeruk dan dicampur dengan air sehingga menjadi pasta, kemudian oles campuran tersebut ke gigi dengan cara menyikat gigi. 

4. Berkumur Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga mampu menghilangkan karang gigi secara alami. Masukkan satu sendok minyak kelapa ke dalam mulut, dan kumur selama 5-10 menit. 

5. Menggunakan Lidah Buaya

Gel lidah buaya, dianggap sama efektifnya dengan pasta gigi dalam memerangi masalah pada gigi seperti gigi berlubang. Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dengan empat sendok teh gliserin, kemudian tambahkan lima sendok makan soda kue dan setetes minyak esensial lemon. Lalu, gunakan campuran tersebut yang telah dicampur segelas air untuk membersihkan gigi. 

6. Mengoleskan Gliserin

Gliserin merupakan salah satu bahan yang termasuk ke dalam kandungan pasta gigi. Hanya dengan mencampur satu sendok makan gliserin ke dalam secangkir air yang sudah tercampur soda kue, campuran tersebut dapat dioleskan ke sikat gigi. 

7. Mengunyah Biji Wijen 

Biji Wijen dianggap mampu menghilangkan karang gigi. Kunyah segenggam biji wijen hingga halus, lalu sikat menggunakan sikat gigi di area sekitar karang gigi. Setelah itu, bilas mulut dengan air. 

8. Menggunakan Flosser Air

Dibanding menggunakan benang, flosser air dinilai lebih efektif dalam membantu mengeluarkan sisa makanan atau kotoran. Sebab, flosser air dapat menjangkau bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo