TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Ketemu Menlu China, Ngobrol Soal Proyek Strategis, Termasuk Penyelesaian Proyek Kereta Cepat

Laporan: AY
Senin, 11 Juli 2022 | 19:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat bertemu Menlu China di Istana Kepresidenan pada Senin (11/7). Foto : Setpres
Presiden Joko Widodo saat bertemu Menlu China di Istana Kepresidenan pada Senin (11/7). Foto : Setpres

JAKARTA - Pertemuan Presiden Jokowi dan State Counsellor Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan pada hari ini, Senin (12/7), membahas berbagai topik penting.


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut - bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan – menjelaskan, pertemuan tersebut antara lain membicarakan soal isu bilateral, yang mencakup komitmen kedua pihak untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

“Tahun 2021, perdagangan kedua negara meningkat signifikan, lebih dari 54 persen. Nilainya, mencapai 110 miliar dolar Amerika Serikat (Rp 1,65 kuadriliun). Kenaikan perdagangan ini juga diikuti dengan defisit dari Indonesia, yang terus menurun,” terang Retno dalam keterangan virtual, yang dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7).
“Produk unggulan Indonesia, kini semakin banyak memasuki pasar China,” sambungnya.

Tak kalah penting, pertemuan Jokowi dan Wang Yi  juga membahas berbagai proyek strategis kedua negara. Termasuk, penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta- Bandung.


Di bidang kesehatan, kerja sama terkait vaksin dan pengadaan laboratorium genomik juga akan digiatkan. Selain itu, upaya untuk terus mendorong interaksi yang lebih kuat antara private sector RI dan China, masuk dalam daftar proyek strategis. (HES/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo