TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Airin Calon Gubernur Banten Andika Calon Bupati Serang

Oleh: BNN/AY
Selasa, 19 Juli 2022 | 15:10 WIB
Airin Rachmi Diany dan Andika Hazrumy. (Ist)
Airin Rachmi Diany dan Andika Hazrumy. (Ist)

SERANG—Mantan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dikabarkan bakal dipasang sebagai calon bupati pada pilkada Kabupaten Serang 2024. Sementara calon Gubernur Banten 2024 kemungkinan akan diambil mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. Faktor karir politik ke depan menjadi pertimbangan alasan keduanya.

Hal ini dikatakan pengamat politik yang juga orang dekat keluarga Rau dan Partai Golkar Akhmad Jajuli. Dia menilai, Airin sangat tepat maju sebagai calon Gubernur Banten dan Andika Hazrumy sebagai calon Bupati Serang. Karena pengalaman Airin menjadi Walikota Kota Tangsel selama dua periode dinilai berhasil.

“Akhirnya keluarga besar Rau (dan Partai Golkar) ‘mendengar’ aspirasi saya. Hal ini sudah lama saya sampaikan sejak Bu Airin masih menjadi Walikota Tangerang Selatan, dan Pak Andika masih menjabat sebagai Wagub Banten,” kata Jajuli dalam keterangan yang diterima Satelit News, Senin (18/7/2022).

“Usulan saya, saat itu, sempat diprotes oleh beberapa pihak karena dianggap melawan arus, yakni arus besar yang meyakini bahwa Pak Andika-lah yang wajib jadi Gubernur Banten berikutnya, atau kembali menjadi Wagub untuk kedua kalinya,” tambahnya.

Alasannya sangat sederhana, kata Jajuli diantaranya adalah faktor masa depan karir politik keduanya, Airin lahir tahun 1976. Dimana akan berusia 48 tahun saat Pilkada 2024 nanti. Sedangkan Andika kelahiran 1985, saat Pilkada 2024 nanti baru akan berusia 39 tahun.

Apabila dibayangkan, maka nanti Airin, seusai jadi Gubernur Banten, bisa lanjut ke kabinet Presiden 2029-2034 setelah berusia 53 tahun atau posisi lain. Dan Andika bisa naik kelas ke Gubernur dari posisi Wagub dan Bupati Serang pada tahun 2029, pada usia 44 tahun.

“Pengalaman Bu Airin menjadi Walikota Kota Tangerang Selatan selama dua periode dinilai berhasil. Antara lain dengan bukti terpilihnya Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan telah cukup untuk menjadi bekal nyalon Gubernur Banten 2024-2029,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Deir An Nahyan Messina (YDAM) Serang ini.

Selain itu, kata Jajuli, posisi Airin di DPP Partai Golkar sebagai Ketua Umum KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) itu sedikit lebih senior dengan posisi Pak Andika sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar.

"Serta sejumlah alasan lainnya yang tidak dapat saya uraikan di sini. Pilihan politik Partai Golkar dan Keluarga Besar Rau sudah sangat beralasan,” katanya.

Kemudian bagaimana terkait dengan masa depan karir politik Ratu Tatu Chasanah? Menurut Jajuli, bisa jadi Bupati Serang dua periode tersebut akan naik tingkat menjadi pengurus DPP Partai Golkar dari posisi sekarang sebagai Ketua DPD Partai Golkar Banten sejak Desember 2013 lalu.

“Tentu tentang soal ini juga sudah dipikirkan oleh Partai Golkar dan keluarga besar, itung-itung masa jeda atau istirahat sejenak bagi Bu Tatu yang telah menjadi Wakil Bupati Serang dan telah menjadi Bupati Serang dua periode. Konstalasi politik di Banten tahun 2024 nanti pasti akan semakin atraktif,” pungkasnya.

Sementara itu, dihubungi melalui telepon seluler, Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opi (MPO) DPD Partai Golkar Provinsi Banten Amrin Nur membenarkan Partai Golkar akan memasang Airin di pilgub Banten dan Andika di pilkada Kabupaten Serang. Kata dia, rencana penunjukan Airin untuk maju di Pilkada Banten sudah menjadi fatsun, meskipun bisa berubah, tergantung situasi politik.

“Itu serius, tegak lurus saya paling utama adalah Golkar. Maka segala keputusan adalah fatsun yang wajib dilaksanakan kader partai,” katanya kepada Satelit News (Tangsel Pos Group), Senin (18/7/2022).

Menurut Amrin, keputusan DPD Partai Golkar Provinsi Banten menunjuk Airin bisa berubah saat menjelang Pemilu 2024. Bahkan bisa sebaliknya menjadi keputusan final hingga meraih kemenangan pada Pilgub 2024.

“Keputusan sekarang bisa berubah menjelang 2024. Atau sebaliknya menjadi keputusan final hingga kemenangan 2024 diraih,” ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo