TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hari Perhubungan Nasional, Dishub Tangsel Berkomitmen Tingkatkan Layanan Transportasi Bagi Masyarakat

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 18 September 2023 | 15:43 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Perhubungan berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi bagi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dalam Apel Kesadaran yang juga sekaligus memperingati Hari Perhubungan Nasional 2023 di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangsel, Senin (18/9/2023).

“Saya menyampaikan amanat dari Bapak Menteri Perhubungan, intinya adalah penekanan mengenai profesionalisme insan perhubungan, khususnya dalam bidang transportasi, umumnya yang lain-lain. Intinya dari profesionalisme tadi adalah persoalan keselamatan yang menyelenggarakan fasilitasi transportasi tadi, penumpang kah dan sopirnya. Intinya bagaimana masyarakat dapat nyaman melaksanakan kegiatan masyarakatnya,” ujar Benyamin. 

Upaya itu, kata Benyamin, kini sudah diupayakan melalui beberapa program yang telah diluncurkan oleh Dishub Kota Tangsel. Salah satunya, yakni dengan menyediakan layanan bus antar jemput untuk anak sekolah. 

“Kita sudah mulai me-launching untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara, yakni dengan bus sekolah baru tiga (armada-red). PR-nya bagaimana memperbanyak itu. Sesuai dengan respon yang menikmati bus sekolah ini, (jika-red) banyak permintaan akan kita perbanyak lagi. Tahun depan dianggarkan. Saya berharap ada 10 bus lagi dengan ukuran yang sama,” papar Benyamin. 

Selain dari segi penyediaan fasilitas bus antar jemput, kata Benyamin, pihaknya kini juga tengah menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang lainnya. 

“Fasilitas berupa pelayanan perizinan trayek, ini soal transportasinya. Sekarang sedang dibuat satu master plan trayek-trayek di Tangsel yang nanti bisa digelar di masyarakat. Artinya akan ada transportasi publik yang akan melibatkan sektor swasta, para penyelenggara, Organda lah seperti itu,” terangnya.

Lebih lanjut, Kepala Dishub Kota Tangsel, Chareudin menambahkan, hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan hari ini, yaitu “Melaju Untuk Transportasi”. 

“Hari ini yang ditampilkan adalah uji emisi yang sudah kita laksanakan. Kemudian bus sekolah, dan juga program kami Tangsel Terang yang Insya Allah tahun ini sebanyak 6.600 akan kita pasang di tujuh kecamatan,” tuturnya.

Untuk mengoptimalkan pelayanan itu, lanjut Chaerudin, pihaknya juga berencana untuk melakukan penambahan armada bus antar jemput sekolah. 

“Karena kita melihat ada beberapa rute yang harus dibuatkan routing. Insya Allah mudah-mudahan ini bisa tercapai di 2024, saya yakin lah. Bicara RPJMD sudah tercapai. Untuk kemacetan, kami di sini Dishub yang perannya sebagai pengurai kemacetan itu tetap ada,” harapnya.

Sebagai informasi, layanan bus antar jemput sekolah disediakan kepada masyarakat gratis. Program yang sudah berjalan pada awal September ini pun cukup menyedot antusias publik dengan sangat baik. Keberadaannya cukup membantu masyarakat, khususnya siswa untuk berangkat dan pulang sekolah.

Program ini, bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah sudut Kota Tangsel. Selama masa uji coba ini, bus antar jemput sekolah baru melayani dua rute penjemputan. Yakni rute Serpong Utara – Tandon Ciater dan rute Serpong Utara – Pamulang. 

Tercatat, hingga saat ini sedikitnya ada sebanyak lebih dari 200 pelajar per hari sudah menikmati layanan bus antar jemput sekolah gratis ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo