TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bicara Kedaulatan Pangan Di Rakernas PDIP

Ganjar Disebut Didukung Jokowi

Oleh: Farhan
Sabtu, 30 September 2023 | 10:55 WIB
Presiden Jokowi bersama Capres Ganjar Pranowo dan Ketum Partai pendukung. Foto : Setpres
Presiden Jokowi bersama Capres Ganjar Pranowo dan Ketum Partai pendukung. Foto : Setpres

JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Capres) 2024 Ganjar Pranowo menyampaikan pidato panjang lebar namun bernas, tentang kedaulatan pangan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9).

Penampilan mantan Gubernur Jawa Tengah itu mendapat­kan pujian dari partai pendu­kungnya. Bahkan, ada yang menangkap dukungan dari Presiden Jokowi. "PPP yakin, Ganjar mampu mengatasi ma­salah ini. Apalagi Indonesia gemah ripah loh jinawi, me­miliki sumber daya alam yang luar biasa dibandingkan negara lain di dunia," kata Juru Bicara DPP PPP Usman Tokan kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) kemarin.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menyampaikan sambutan. Salah satu isinya, meminta agar Ganjar setelah dilantik menjadi Presiden, lang­sung membenahi masalah ke­daulatan pangan. Hal ini artinya, lanjut Usman, ada dukungan dari Presiden Jokowi agar Ganjar meneruskan programnya di bi­dang pangan. Supaya Indonesia menjadi lambang supremasi pangan dunia.

Diingatkan, ada banyak per­soalan dihadapi para petani dan nelayan akibat perubahan iklim, perang Rusia-Ukraina, dan tan­tangan lainnya. Dalam kondisi ini, Indonesia belum sepenuh­nya mampu menyelesaikan persoalan sarana dan prasarana pertanian, distribusi pangan baik pertanian maupun perikanan yang belum maksimal, hingga persoalan mendasar alih fungsi lahan subur menjadi perumahan, pabrik, dan lainnya.

"PPP ingin bangsa Indonesia swasembada pangan untuk kon­sumsi dalam negeri bahkan bisa ekspor keluar negeri," harapnya.

Ditambahkan, Ketua Umum PPP Mardiono saat ini diberi kepercayaan Presiden Jokowi menjadi utusan khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan. Mardiono tengah koor­dinasi dan sinkronisasi dengan departemen dan lembaga terkait.

Nah, ada satu program yang lu­put dari perhatian saat ini adalah masalah food loss dan waste yang sangat tinggi di Indonesia. Budaya ini harus segera disadari dan dihentikan. "Kami meyakini, jika Mas Ganjar kelak terpilih menjadi Presiden 2024 mampu menyelesaikan berbagai masalah fundamental ini. Indonesia tidak akan tergantung pada negara lain," ujarnya.

Juru Bicara DPP Partai Perindo Ike Suharjo menyebut, Presiden Jokowi amat jelas memberi sinyal dukungan kepada Ganjar saat bicara kedaulatan pangan di Rakernas IV PDIP. "Jelas sekali meminta Pak Ganjar, setelah dilantik, langsung urus pembe­nahan dan upaya mewujudkan kedaulatan pangan," kata Ike ke­pada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) kemarin.

Perindo setuju dan mendukung penuh pidato Ganjar yang berisi upaya-upaya untuk mencapai kedaulatan pangan. "Ini sejalan dengan Partai Perindo. Kami akan bersinergi dengan Pak Ganjar, dengan PDIP dan partai pendukung lain untuk mensejahterakan petani dan nelayan Indonesia," tegasnya.

Sebelumnya, Ganjar berpi­dato soal kedaulatan pangan saat Rakernas IV PDI Perjuangan di depan Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, kemarin.

"Rakernas IV PDIP ini sangat luar biasa. Bukan hanya jum­lah pesertanya, tetapi pilihan tema yang sangat istimewa. Kedaulatan Pangan untuk kese­jahteraan rakyat dengan subtema yang sangat spesifik, pangan sebagai lambang supremasi kepemimpinan Indonesia bagi dunia," kata Ganjar dalam sam­butannya, Jumat.

Ganjar mencermati pidato Megawati di acara itu yang me­nyoroti beberapa pokok pikiran mewujudkan kedaulatan pangan.Di antaranya, memastikan keberpihakan negara terhadap nasib petani dan nelayan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo