TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Fasilitasi Business Matching dengan Buyer Asal Amerika, Pelaku IKM Tangsel Siap Naik Kelas

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 19 Oktober 2023 | 19:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mempertemukan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayahnya dengan buyer yang berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat dalam kegiatan Business Matching yang berlangsung di Kawasan BSD City, Kamis (19/10/2023).

Pertemuan tersebut pun disambut dengan penuh antusias. Dengan begitu, diharapkan produk-produk IKM asal Tangsel dapat naik kelas.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Tangsel, Ita Kurniasih mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memfasilitasi para pelaku IKM di wilayahnya untuk dapat berkembang.

Dalam perjumpaan ini, para pelaku IKM mempresentasikan produk andalannya di hadapan para buyer. Mereka menjelaskan berbagai keunggulan dari produknya masing-masing. 

Produknya pun sangat beragam, mulai dari fesyen, kuliner, minuman tradisional, beras organik, hingga rempah-rempah yang menjadi khas dari Tanah Air ini. 

"Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini kita berharap paling tidak Tangsel bisa berkontribusi untuk ekspor. Dan kita memperkenalkan Kota Tangsel sendiri. Apalagi ini investornya dari LA," ujar Ita di tengah-tengah acara tersebut. 

Ita mengatakan bahwa Tangsel memiliki potensi yang sangat unggul. Hal tersebut ditandai dengan beragamnya jenis produk yang diciptakan oleh para pelaku usaha. 

Beragam produk tersebut pun, kini telah berhasil menarik hati para pelancong. Termasuk juga investor dan buyer asal luar negeri. 

"Selain forum ini ada juga investor yang langsung datang ke booth kita, ada dari India, Arab Saudi, Brunei, Malaysia, terus ada dari US, dan lainnya. Bahkan tadi ada pelaku IKM bilang kalau pagi ini baru saja signing dengan brand dari Korea," paparnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan Disperindag Kota Tangsel dapat terus memfasilitasi para pelaku usaha asal wilayah termuda se-Provinsi Banten ini agar dapat naik kelas.

"Biar para pelaku IKM naik kelas. Tahun sebelumnya belum ada. Makanya di awali dengan Business Matching ini dan terus kita ada pendampingan dengan teman-teman trader. Kebetulan mereka punya pengalaman ekspor. Dan sebetulnya di Tangsel sudah banyak. Bahkan kita ada tawaran pameran di luar," terangnya.

Ia berharap, agar kegiatan ini dapat memberi pelajaran yang berarti bagi para pelaku usaha. Supaya produknya dapat diterima oleh seluruh konsumen. Bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara. 

"Jangan sampai di sini, ini hanya pintu awal untuk keberhasilan IKM di Tangsel. Tapi ayo, kita berusaha. Kalau ada yang minat kita terus dorong fasilitasi. Harapannya semoga pecah telur," harapnya..

Sementara itu, Wakil Kepala ITPC LA, Yosier Thalita memaparkan bahwa pada kesempatan ini, terdapat sejumlah buyer dari berbagai negara bagian dari Amerika Serikat.

"Indonesia memiliki produk berkualitas. Namun buyer juga punya spesifikasi tertentu. Indonesia memiliki keunggulan. Bagaimana bisa menggunakan strategi pemasaran yang cocok. Contohnya, di Amerika, makanan dan minuman memiliki kriteria ketat khusus sertifikasi dan kualitasnya. Kualitas hal yang penting, sertifikasi juga sangat penting," pungkasnya.

Komentar:
Berita Terkini
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo