TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ratusan Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing Mengungsi, Dapat Trauma Healing

Oleh: Mg.3
Selasa, 24 Oktober 2023 | 20:13 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Sebanyak 179 warga tercatat mengungsi di Posko Pengungsian Aula Kecamatan Ngelasari dan GOR Ngelasari, imbas kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing. Pihak Pemerintah Kota Tangerang pun turut memperhatikan kondisi kesehatan para pengungsi, Selasa (24/10/2023). 

Kepala DP3AP2KB Tangerang, Jatmiko, menjelaskan bahwa pihak pemerintah juga memberikan pelayanan terkait kesehatan psikis terhadap warga terdampak, salah satunya memberikan trauma healing. 

"Dinsos, DP3AP2KB, FATK bergantian melakukan pendampingan trauma healing, dengan treatmen khusus anak maupun dewasa dengan gangguan sulit tidur. Kemarin, lima badut juga didatangkan untuk anak-anak, sedangkan hari ini yang didatangkan adalah pendongeng." ungkap Jatmiko. 

Hal ini dilakukan guna anak-anak tetap cerita dan bersemangat dalam menjalani keseharian. Selain untuk anak-anak, para orang tua juga diberikan beberapa upaya penanganan agar mereka dapat tetap nyaman dan mendapatkan istirahat yang cukup. 

"Perlu adanya sentuhan psikologis kepada anak-anak penyintas bencana, karena ada yang ketakutan atau kecemasan. Hingga perlu terapi bagaimana mereka menghadapi semua itu," ucapnya. 

Sampai saat ini, tercatat sebanyak 179 warga dari 56 kartu keluarga mengungsi di posko, dengan 22 warga di antaranya telah kembali ke rumahnya.

Sementara di lokasi kejadian, sudah tak terlihat adanya api yang membara di permukaan. Sebanyak 534 personel pun dikerahkan hingga hari ini untuk menjinakkan si jago merah yang melalap TPA Rawa Kucing.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo