TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dikasih Duit Rp 400 Ribu Dan Beras 10 Kg

Rakyat Miskin Diguyur BLT Hingga Desember

Oleh: Farhan
Jumat, 27 Oktober 2023 | 09:05 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAKARTA - Pemerintah bakal mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 400 ribu untuk seluruh masyarakat yang terdampak El Nino. Bantuan beras 10 kilogram (kg) juga bakal dilanjutkan sampai Desember.                                   

BLT dan beras dari Pemerintah ini diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT dicairkan untuk menjaga daya beli masyarakat imbas dampak El Nino.

“Kami juga akan mengeluarkan BLT,” kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Padang, Sumatera Barat, untuk meninjau gudang Bulog baru Rawang Timur, Kamis (26/10/2023).

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan, BLT El Nino itu akan diberikan langsung ke masyarakat pada November dan Desember 2023 dengan total Rp 400 ribu.

BLT itu akan diserahkan oleh Pemerintah melalui dua tahapan, yaitu Rp 200 ribu pada tahap pertama November, dan Rp 200 ribu pada periode Desember.

Tak hanya BLT uang tunai, Kepala Negara juga memastikan bantuan beras 10 kg akan dilanjutkan ke Desember. Bantuan tersebut rencananya diberikan 3 kali dari September ke November 2023.

Jokowi menyatakan, penyaluran bantuan beras 10 kg tersebut sudah berjalan sejak September. Dari pengecekan yang dilakukan, ada pihak yang sudah menerima dua kali, ada juga yang baru sekali.

Eks Wali Kota Solo itu berharap, November nanti penyaluran beras sudah selesai tepat waktu dengan 3 kali penyaluran per penerima.

Rencana awalnya, program bantuan sosial (bansos) beras diberikan kepada 21,3 juta KPM. Sebanyak 640 ribu ton beras akan disalurkan selama tiga bulan kepada puluhan juta keluarga. Setiap bulannya, KPM akan menerima 10 kg beras.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Pemerintah akan mengucurkan BLT senilai Rp 7,52 triliun pada 18,8 juta KPM. Bantuan akan diberikan Rp 200 ribu per bulan untuk setiap KPM pada November-Desember 2023.

“Penerima BLT ini sudah ada nama dan nomor akun penerima di Kementerian Sosial, sehingga kami tidak mencari lagi siapa targetnya,” kata Sri Mulyani.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Presiden Jokowi sudah meminta agar bantuan beras 10 kg diperpanjang sebulan hingga Desember dalam rapat terbatas dengan para menteri.

“Dalam rapat, Bapak Presiden mengarahkan bantuan beras dilanjutkan Desember,” kata Airlangga.

Airlangga juga memastikan, Pemerintah akan memperpanjang bantuan sosial atau Bansos beras. Bansos beras tahap 2 disalurkan pemerintah ke 38 provinsi selama tiga bulan, mulai September hingga November.

Bantuan yang diberikan sebesar masingmasing 10 kg kepada 21,3 juta KPM. “Kan Oktober sudah, November sudah. Jadi tinggal Desember, ditambah lagi,” tutur Airlangga.

Seperti diketahui, fenomena El Nino sudah melanda berbagai wilayah di Indonesia sejak beberapa bulan lalu, meski kini sudah ada sejumlah daerah yang diguyur hujan.

Cuaca panas ekstrem yang melanda sejumlah wilayah Indonesia beberapa bulan terakhir ini merupakan salah satu dampak dari fenomena El Nino.

El Nino ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan air Samudera Pasifik Tengah dan Timur melebihi kondisi normal.

Fenomena El Nino yang menyebabkan cuaca panas ekstrem ini merugikan beberapa sektor, termasuk pertanian. Karena itu, Pemerintah meluncurkan berbagai strategi agar ketahanan pangan tetap bisa dijaga.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo