TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mayoritas Warga NU Bakal Pilih Ganjar-Mahfud Atau Anies-Imin

Luluk Nur Hamidah: PKB Sudah Pengalaman Hadapi Manuver Yenny

Oleh: Farhan
Senin, 30 Oktober 2023 | 11:49 WIB
Timses Anies Muhaimin Luluk Nur Hamidah. Foto : Ist
Timses Anies Muhaimin Luluk Nur Hamidah. Foto : Ist

JAKARTA - Putri Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, secara resmi mendukung  Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Bergabungnya Yenny ke barisan pendukung Ganjar, menimbulkan spekulasi bahwa suara warga NU akan terpecah ke Ganjar-Mahfud dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Yenny mengumumkan mendukung Ganjar-Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10).  Menurut Yenny, keputusan mendukung Ganjar-Mahfud karena faktor kedekatan rasa.

"Karena kedekatan roso tersebut, kami barisan kader Gus Dur menyatakan, mendukung pasangan Ganjar-Mahfud MD," kata Yenny.

Setelah itu, Ganjar berterima kasih kepada Yenny. "Dengan pernyataan Mbak Yenny, rasa-rasanya Gusdurian akan ke sini," kata Ganjar di Rumah Pemenangan Ganjar, Jakarta, Jumat (27/10).

Timses Ganjar-Mahfud, Achmad Baidowi juga meyakini, dukungan Yenny akan memberikan dampak elektoral yang signifikan. Setidaknya, kata dia, warga NU dan Gusdurian akan ikut mendukung Ganjar-Mahfud.

"Dengan adanya Mbak Yenny, Gusdurian akan solid ke pasangan Ganjar-Mahfud," tandasnya.

Namun, anggota Tim Sukses Anies-Muhaimin (AMIN), Luluk Nur Hamidah berpandangan, warga NU tetap solid dalam barisan AMIN. Karena, warga NU matang dalam melihat dinamika politik.

Untuk lebih jelasnya bagaimana tanggapan kubu Ganjar dan kubu Anies, berikut wawancara dengan Luluk Nur Hamidah tentang hal ini.

Yenny Wahid mendukung Ganjar-Mahfud. Tanggapan Anda?

Terserah mau mendukung siapa pun. Itu hak beliau. Tapi, apakah beliau mewakili Gusdurian atau keluarga Gus Dur, ataukah hanya pilihan pribadinya.

Apakah dukungan Yenny menurunkan dukungan warga NU secara signifikan bagi Anies-Muhaimin?

PKB sudah beberapa kali punya pengalaman menghadapi manuver beliau setiap Pemilu. Alhamdulillah, kami bisa melewati hal itu. Insya Allah, pada Pemilu kali ini pun kami akan bisa melewatinya. 

Maksud Anda, dukungan Yenny tidak berpengaruh signifikan terhadap warga  NU?

Kami mengucapkan bismillah saja. Selain itu, warga NU sudah matang dalam melihat dinamika politik. Warga NU juga didominasi orang-orang muda, milenial dan genZ. Mereka bisa melihat politik dengan cara yang berbeda. Tidak terjebak persoalan masa lalu.

Dengan masuknya Yenny ke kubu Ganjar, apakah suara AMIN akan tergerus di Jawa Timur?

Alhamdulillah, pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, PKB semakin kuat. Di Jatim, kami  sebagai pemenang. Suara kami tidak tergerus, meskipun banyak kampanye negatif tentang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Tapi, itu tidak berpengaruh. Insya Allah, itu menjadi indikasi pasangan AMIN akan menang.

Anda yakin mayoritas warga NU akan memilih AMIN?

Insya Allah, warga NU tetap solid. Tetapi, NU itu variasinya banyak, perlu merapatkan barisan untuk memenangi Pilpres 2024. Kami yakin, NU semakin solid di Jatim dan Jateng.

Apa harapan Anda menjelang Pilpres?

Marilah sama-sama menatap ke depan dan memperjuangkan apa yang diharapkan warga NU. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo