TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bangun Bandara, Jalan Tol, Sekolah, RS

Presiden Ngegas Tuntaskan IKN

Laporan: Redaksi
Kamis, 02 November 2023 | 08:52 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

IKN - Presiden Jokowi kembali mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur, Rabu (1/11/2023). Dalam kunjungan kali ini, Jokowi meninjau progres pembangunan sekaligus melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur, seperti jalan tol, bandara, sekolah dan rumah sakit. Jokowi optimis, jika infrastruktur jalan tol dan bandara selesai dibangun, investor akan berbondong-bondong datang ke IKN. Jokowi ngegas tuntaskan IKN.

Agenda pertama, Jokowi di IKN adalah meninjau proyek pembangunan jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan kawasan IKN. Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang yang digulung sesiku dan helm proyek tampak senang melihat progres pembangunan jalan tol.

Progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55 persen. Jokowi berharap jalan tol tersebut bisa dipakai pada Juni tahun 2024.

Menurut Jokowi, pembangunan jalan tol tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat. Jika biasanya perjalanan dari Balikpapan menuju IKN yang berjarak 57 kilometer memerlukan waktu 2 jam 15 menit, dengan hadirnya tol baru tersebut waktu tempuhnya menjadi sekitar 50 menit saja.

“Ini nantinya akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara,” kata Jokowi, usai peninjauan.

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

Setelah itu, Jokowi melakukan groundbreaking Bandara IKN. Jokowi menilai bandara tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi kawasan IKN. Soalnya ke depan akan makin banyak mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN.

Bandara IKN juga akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik, dan makin mudah dijangkau dari manapun. “Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” jelasnya.

Jokowi menjelaskan, Bandara IKN tersebut merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara. Bandara IKN ini memiliki luas 347 hektare dengan landas pacu (runway) 3.000 x 45 meter, dan dapat melayani pesawat berbadan lebar. Bandara juga dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik.

Jokowi menargetkan, bandara yang dibangun dengan anggaran Rp 4,3 triliun tersebut dapat digunakan pada pertengahan 2024 dan dapat beroperasi penuh pada akhir 2024. “Saya yakin kalau semuanya memulai dan jalan, airport itu selesai, akan berbondong-bondong investor datang ke Nusantara,” ungkapnya.

Setelah itu, Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan sekolah bertaraf internasional yaitu Nusantara Intercultural School dan Rumah Sakit Hermina Nusantara. Nusantara Intercultural School akan dibangun oleh Jakarta International School (JIS), sebuah lembaga pendidikan bertaraf internasional yang berbasis di Jakarta. Menurut Jokowi, rekam jejak yang dimiliki JIS dapat menghadirkan sekolah berkualitas yang memiliki kelas internasional. Sehingga diharapkan dapat memberikan pendidikan bermutu bagi warga yang tinggal di IKN.

Adapun pembangunan RS Hermina Nusantara juga akan bertaraf internasional dengan menggunakan konsep ramah lingkungan. Jokowi mengatakan, dari keterangan dari Direktur Utama RS Hermina, Hasmoro, pembangunan rumah sakit ini akan menelan biaya investasi sebesar Rp 650 miliar.

“Sebuah investasi yang sangat besar dan kita berharap rumah sakit ini segera selesai, dan dengan adanya rumah sakit hermina nusantara ini, masyarakat di IKN dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang unggul,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, groundbreaking rumah sakit ini akan semakin menguatkan kepercayaan masyarakat dan investor agar tidak ragu-ragu lagi untuk tinggal di IKN.

Jokowi juga melakukan groundbreaking proyek superblok Pakuwon Nusantara. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi gerak cepat sejumlah investor dalam negeri untuk berinvestasi dan memulai pembangunan di IKN.

Menurut Jokowi, pemerintah selalu memprioritaskan dan mendahulukan investor lokal dalam investasi di IKN. Namun, jika tidak ada minat dari investor lokal, maka pemerintah akan mencari investor dari luar negeri yang minat untuk berinvestasi di IKN juga tinggi.

Kata Jokowi, sedikitnya 130 investor dari Singapura telah datang melihat langsung IKN beberapa bulan lalu. Selain itu ada juga investor dari Korea Selatan, Jepang, Malaysia, hingga Persatuan Emirat Arab.

“Tapi kami memang rem dulu. Saya sampaikan kepada Kepala Otorita, rem untuk yang dari luar, berikan kesempatan, kalau bisa juga di-joint-kan dengan yang dari dalam sehingga zona-zona yang sudah kita rencanakan nanti semuanya akan terisi,” imbuhnya.

Pemerintah mencatat investasi di IKN yang telah dimulai pekerjaannya bernilai lebih dari Rp 30 triliun. Proyek-proyek bernilai Rp 23 triliun telah groundbreaking pada September 2023 dan Rp 12 triliun lainnya groundbreaking pekan ini.

Kunjungan Jokowi ke IKN menjadi perbincangan hangat di jagat Twitter yang kini berganti nama menjadi X. Pemilik akun @dasalbantani memberikan acungan jempol kepada Jokowi yang terus memantau progres pembangunan IKN. Kata dia, pengembangan jalan tol ini adalah inisiatif yang baik untuk memperpendek waktu perjalanan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. “Semoga proyek ini berjalan lancar dan selesai sesuai jadwal,” kicaunya.

Akun @triasvenny menyampaikan harapan serupa. Kata dia, semoga kualitas infrastruktur yang dibangun berkualitas sesuai dengan spek. “Sehingga bertahan lama, minim perbaikan tentunya bermanfaat bagi rakyat,” ucapnya.

Akun @hiestu senang melihat pembangunan IKN berjalan cepat. “Hebat kalau benar terealisasi semua di target waktunya, bandara dan tol. Semoga menjadi standard waktu pengerjaan project nasional. Maksimal 1 tahun jadi dan beroperasi,” ujarnya.

Akun @balisahdesil menyampaikan apresiasi kepada Presiden yang sudah membangun IKN. “Baik dan buruk akan menjadi catatan sejarah tersendiri untuk bapak dalam hal apapun itu, semoga sehat selalu Pak,” harapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo