TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kondisi 2 Pasien Cacar Mulai Membaik

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 03 November 2023 | 07:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PAMULANG-Dua warga Tangsel yang positif cacar monyet atau MonkeyPox kini kondisinya mulai membaik. Kedua pasien tersebut terus dilakukan pemantauan rutin kesehatan setiap harinya oleh tim dokter.

 "Kondisinya saat ini baik. Keduanya tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani dengan isolasi, tidak ada keluhan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, Kamis (2/11).

 Allin juga memastikan, bahwa tidak ada orang lain yang kontak erat dengan kedua pasien tersebut. “Sudah kita telusuri, dan untuk kontak erat dengan keduanya itu tidak ada,” paparnya.

 Ia menerangkan, rumah sakit di Kota Tangsel sudah siap untuk merawat pasien MonkeyPox dengan diberikan pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit MonkeyPox bagi tenaga kesehatan.

 "Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam upaya deteksi dini untuk segera melaporkan jika ditemukan kasus seperti monkeypox di wilayahnya. Laporkan segera kepada puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan setempat agar dapat ditindaklanjuti," jelasnya.

 Dari kedua pasien laki-laki dengan masing-masing usia 24 dan 31 tahun itu, Allin mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol kesehatan.

 "Kami menyosialisasikan, mengedukasi tenaga kesehatan dan masyarakat tentang MonkeyPox, serta memperkuat sistem surveilans yang sudah ada untuk menginvestigasi maupun pelacakan kontak," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo