TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Diramaikan Ribuan Atlet Taekwondo, TI Tangsel Gelar UKT Terpusat untuk Pertama Kalinya

Laporan: Rachman Deniansyah
Minggu, 12 November 2023 | 13:45 WIB
Ribuan atlet Taekwondo asal Kota Tangsel saat mengikuti ujian kenaikan tingkat gabungan, Minggu (12/11/2023). Foto : Ist
Ribuan atlet Taekwondo asal Kota Tangsel saat mengikuti ujian kenaikan tingkat gabungan, Minggu (12/11/2023). Foto : Ist

CIPUTAT - Ribuan atlet taekwondo berjuang mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) terpusat yang digelar untuk pertama kalinya oleh Pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (12/11/2023). 

Selain diikuti oleh ribuan atlet dari berbagai klub yang ada di Tangsel, kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Umum TI Provinsi Banten, Airin Rachmi Diany dan Ketua Umum TI Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo. Ujian kenaikan tingkat ini, berlangsung di Plaza Rakyat Balai Kota Tangsel. 

Pada kesempatan itu, Ketua Umum TI Provinsi Banten, Airin Rachmi Diany mengapresiasi perhelatan ujian yang perdana dilakukan secara komunal ini. 

Menurut Airin, pada intinya ujian kenaikan tingkat merupakan sarana evaluasi dari hasil latihan para atlet selama ini. 

"Baik dari segi fisik, teknik, atau dari segi mental yang selanjutnya diuji untuk membentuk seorang taekwondo Indonesia yang mumpuni dengan kemampuan bela dirinya serta bermental dan berkarakter baik," ujar Airin. 

Perhelatan ujian ini, merupakan momentum penting yang dapat menentukan jenjang bagi para atlet untuk dapat berkarir lebih lanjut pada bidang taekwondo. Terutama untuk meraih prestasi dan kesuksesan di masa depan. 

"Baik bagi seorang pelatih, atlet, wasit ataupun penguji," imbuhnya. 

Seperti halnya, para atlet taekwondo perwakilan Provinsi Banten yang telah mengukir prestasi pada ajang Martial Art Games di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

"Yang juga merupakan ajang babak pra kualifikasi PON Aceh-Sumut. Pada kejuaraan tersebut tim Taekwondo Indonesia Banten, Alhamdulillah berhasil meraih satu medali emas dan dua perunggu, serta meloloskan 10 nomor pertandingan di PON," terang Airin. 

Selanjutnya juga, Taekwondo Indonesia Provinsi Banten menargetkan untuk dapat meraih peringkat tiga besar tingkat nasional. 

"Dan semoga bisa menjadi juara umum. Lalu 17 November nanti dua atlet Provinsi Banten akan berangkat ke Kalimantan Selatan dalam rangka mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional tahun 2023. Insya Allah menang dan meraih yang terbaik," ungkap wanita yang pernah memimpin Tangsel selama dua periode tersebut. 

Lebih lanjut, Ketua Umum TI Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo mengatakan, perhelatan ujian yang baru digelar untuk pertama kalinya ini diikuti oleh 1.979 atlet. 

"Terimakasih kepada 30 klub yang telah menyertakan seluruh anggota ataupun atletnya di dalam kegiatan UKT bersama ini," ungkap Bambang.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel itu mengatakan, perhelatan ujian ini merupakan hasil kerja luar biasa dari seluruh pengurus TI Tangsel.

"Yang memang berniat dan berikhtiar untuk membuat suatu pola yang terstruktur yang saya harapkan ke depannya bisa jauh lebih semarak lagi diikuti oleh 43 klub yang saat ini terdaftar di TI Tangsel. Sehingga nanti ke depannya TI Tangsel akan betul-betul menjadi organisasi kepengurusan taekwondo khususnya di Tangsel dan bahkan di Indonesia yang secara tata kelolanya bisa lebih terstruktur dan terpola lagi," harapnya. 

Ia memastikan, para atlet yang tergabung dalam ujian ini akan mendapat binaan yang unggul hingga mampu menorehkan prestasi. 

"Saya ucapkan kepada seluruh orang tua yang sudah mempercayakan anaknya kepada klub-klub yang ada di Tangsel khususnya Taekwondo dan ke depan mudah-mudahan yang hadir hari ini kita pastikan akan terbina menjadi atlet-atlet yang berprestasi untuk Taekwondo Tangsel, Provinsi Banten, atau bahkan bagi Taekwondo Indonesia," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo