TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

4 Stadion PD U-17 Lolos Verifikasi FIFA

Laporan: Gema
Minggu, 12 November 2023 | 19:15 WIB
Wakil Ketum II PSSI Ratu Tisha Destria. Foto : Ist
Wakil Ketum II PSSI Ratu Tisha Destria. Foto : Ist

JAKARTA - Wakil Ketua Umum II PSSI Ratu Tisha Destria menegaskan, standar rumput di lapangan yang dipakai empat stadion penyelenggara Piala Dunia U-17 2023, sudah sesuai dengan standar FIFA. Sudah melewati proses peninjauan ketat secara berkala.

Empat stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Jika dianggap tak layak, otoritas tertinggi sepak bola tertinggi dunia tentu akan melarang penggunaannya buat menggelar laga-laga turnamen.

"Rumput di empat lapangan selalu mendapat peninjauan dari tim ahli FIFA secara berkala. Mulai dari 14 hari sebelum, hingga 3 hari menjelang pertandingan," kata Ratu Tisha di hadapan para wartawan peliput Piala Dunia U-17 di Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/11/2023).

Dia menjelaskan, manajemen tim peserta yang bertanding juga memiliki wewenang untuk melakukan peninjauan lapangan, sebelum melaksanakan pertandingan.

Dari hasil inpeksi, tidak ada ada satu pun lapangan venue utama Piala Dunia U-17 bermasalah.

"Terkait lapangan, perlu kami sampaikan, seluruh lapangan kita sudah di-approve oleh seluruh pihak. Kami justru mendapat apresiasi dan FIFA dan manajemen tim peserta. Mereka memberi rapor bagus buat empat stadion tersebut," papar Ratu Tisha.

Tapi, apakah kami puas? Tentu tidak. Kami akan terus membenahi area-area yang memang masih dapat ditingkatkan,” imbuhnya.

PSSI tetap akan melakukan evaluasi, agar dapat menampilkan kualitas lapangan terbaik. Menunjukkan kemampuan Indonesia dalam menyelenggarakan event turnamen bola kelas dunia.

Apalagi, sebelumnya, sempat mencuat kritikan tajam terkait kualitas rumput Jakarta International Stadium (JIS) dari banyak orang, saat menyaksikan pertandingan di stadion tersebut, Sabtu (11/11/2023).

Tisha menjelaskan, JIS memiliki tipe rumput yang unik dan spesial. Dia bilang, Indonesia perlu mendatangkan banyak alat-alat khusus dari Eropa dan Australia, agar mampu menyediakan rumput dengan proses penempatan rumput terbaik.

Saat ini, proses penempatan rumput JIS sudah menggunakan metode terbaru. Yakni menggunakan roll, bukan metode sebelumnya, patch atau pengubinan.

“Rolling merupakan metode terbaru dan pertama, yang diterapkan dalam lapangan Indonesia. Waktu yang diberikan memang singkat. Tetapi, ini adalah usaha paling maksimal. Kami bersyukur, semua pihak telah memberikan izin untuk menggelar pertandingan. Semua lapangan diputuskan layak, termasuk JIS,” beber Ratu Tisha.

Dia berharap, semua pihak bisa lebih fokus dalam memberikan masukan positif, agar seluruh dunia bisa melihat kekompakan Indonesia dalam penyelenggaran event dunia sekelas Piala Dunia U-17.

“Kami selaku penyelenggara, akan terus lakukan improvement. Kami berharap, semua pihak fokus pada kemeriahan FIFA World Cup U-17 ini. Di JIS, kita menyaksikan Iran mampu comeback saat melawan Brazil, dan Inggris mampu mencetak 10 gol-gol spektakuler,” pungkasnya.

Komentar:
Berita Lainnya
Bapenda
ePaper Edisi 03 Mei 2024
Berita Populer
08
Inisial B

Opini | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo