TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gencatan Senjata Harus Segera

Hari Ini Ketemu Biden, Jokowi Siap Sampaikan Pesan Presiden Palestina

Laporan: AY
Senin, 13 November 2023 | 12:45 WIB
Foto :Setpres
Foto :Setpres

AMERIKA SERIKAT - Presiden Jokowi akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas, terkait perang Israel-Palestina yang masih terus berlangsung, dalam pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada hari ini, Senin (13/11/2023).

"Saya akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan persnya dari Washington DC, AS, Senin (13/11/2023).

Menurutnya, gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan.

"Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," tegas Jokowi.

Dalam pertemuan dengan Presiden Biden, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terkait kondisi terkini di Palestina.

Alhamdulillah, KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden. Ini adalah suara dari 57 negara, atau sekitar sepertiga suara negara di dunia,” ujar Jokowi.

Dalam pertemuan KTT Luar Biasa OKI yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, Jokowi mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan, dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

Melindungi WNI

Terkait kondisi Rumah Sakit Indonesia di Palestina saat ini, Presiden Jokowi menekankan pentingnya menghormati hukum humaniter internasional.

“Saya ingin kembali tegaskan, sejak awal terjadinya serangan, pemerintah telah dan akan terus berupaya untuk melindungi WNI serta fasilitas-fasilitas publik, termasuk Rumah Sakit Indonesia,” tegasnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan dukungannya kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, agar berperan aktif dalam mengupayakan perdamaian di Palestina.

“Saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia, yang terpilih sebagai salah satu Menlu, yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina,” tandasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo