TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

OY! Indonesia, AFTECH dan Danamon Berkolaborasi, Bertekad Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 17 November 2023 | 15:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA, Dalam rangka memperingati Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023, PT Dompet Harapan Bangsa (OY! Indonesia) berkolaborasi dengan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) untuk meningkatkan inklusi keuangan yang optimal dan terdigitalisasi di Indonesia. 

Kerja sama tersebut merupakan langkah strategis yang diambil OY! Indonesia agar dapat menjangkau seluruh kelompok masyarakat untuk mendapatkan akses layanan perbankan (unbanked & underbanked) dengan ekosistem terpadu melalui pengelolaan uang tunai & non-tunai. 

Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 ini juga menjadi inisiasi OY! Indonesia dalam mendukung program pemerintah untuk mendorong penguatan ekosistem keuangan digital yang berkelanjutan.

Chief Executive Officer of OY! Indonesia, Jesayas Ferdinandus mengatakan, OY! Indonesia terus berinovasi dengan menghadirkan solusi transaksi tunai & non-tunai yang aman dan terintegrasi melalui OY! Business. 

Untuk meningkatkan inklusi dan memperluas literasi keuangan, OY! turut berpartisipasi sebagai salah satu sponsor AFTECH dalam pelaksanaan rangkaian Bulan Fintech Nasional (BFN) dan 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023. 

"OY! juga menggandeng PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) sebagai mitra strategis dalam mempercepat pertumbuhan bisnis di seluruh kalangan masyarakat, terutama kalangan unbanked & underbanked dengan menghadirkan ekosistem transaksi keuangan tunai & non-tunai terintegrasi. Dengan demikian, pihaknya berharap dapat terus mengoptimalkan efisiensi bisnis dan arus transaksi nasabah di Indonesia," ujar Jesayas, Jumat (17/11/2023). 

Seperti diketahui, melanjutkan kesuksesan Indonesia Fintech Summit & Expo (2019 & 2020) & Pekan Fintech Nasional 2020, serta Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit & Expo tahun 2021 dan 2022, AFTECH kembali menyelenggarakan Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 sebagai momentum untuk memperkenalkan ragam produk dan layanan fintech kepada masyarakat Indonesia. 

OY! Indonesia mendukung seluruh rangkaian Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 yang berlangsung selama 11 November - 12 Desember 2023. Melalui kolaborasi ini, AFTECH memperkenalkan berbagai jenis bisnis model fintech yang ada di Indonesia melalui berbagai program intensif dari berbagai perusahaan fintech terkemuka yang dapat diikuti melalui platform virtual. 

Melalui rangkaian acara ini pula, OY! Indonesia memberikan edukasi infrastruktur pembayaran tunai & non-tunai OY! yang mampu menaungi seluruh jenis transaksi dari masyarakat kalangan banked hingga kalangan unbanked & underbanked.

Ketua Umum AFTECH, Pandu Sjahrir menegaskan, AFTECH berkolaborasi dengan OY! Indonesia sepanjang periode BFN untuk memberikan pemahaman mendalam terkait penggunaan fintech dengan potensi risikonya, tips dan trik penggunaan produk dan layanan fintech yang tepat guna untuk individu maupun pelaku bisnis dan pemilik usaha, serta memberikan kesempatan talenta digital muda Indonesia untuk mengembangkan karir melalui program virtual job fair yang disajikan dalam platform virtual yang sama. 

“Dengan memberikan edukasi ini, kami yakin dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong inklusi keuangan, dan meningkatkan digital trust di Indonesia terkait inovasi digital melalui kolaborasi lintas sektor,” tegasnya.

Sementara itu, Andrew Suhandinata selaku Transaction Banking Head of Danamon menerangkan, sejalan dengan tujuan OY! Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia, Bank Danamon turut mendukung solusi pengelolaan tunai OY! Indonesia dengan menyediakan layanan bank pooling yang memfasilitasi real-time settlement bagi setoran tunai ke dalam OY! Cash Deposit Machine (CDM) menuju rekening nasabah. 

Dengan rata-rata Total Payment Volume (TPV) per bulan hingga ratusan miliar rupiah, kerja sama ini telah membantu mempercepat transaksi keuangan pada klien-klien ternama dari OY! seperti FamilyMart, Ninja Xpress, Uniqlo, dan berbagai klien ritel lainnya.

OY! Indonesia juga telah terintegrasi dengan Bank Danamon untuk menyediakan solusi non-tunai seperti layanan Host to Host (H2H) Disbursement, BI-Fast, dan QRIS yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan dana nasabah OY! Indonesia secara cepat, nyaman, dan aman. Melalui integrasi ini, nasabah OY! Indonesia dapat melakukan pembayaran dan menyediakan metode pembayaran digital yang praktis kepada end customer mereka.

“Selama Bulan Fintech Nasional (BFN), Danamon dan OY! Indonesia menjalin kemitraan strategis bersama dengan AFTECH untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat agar dapat menjalankan transaksi keuangan dengan lancar. Dalam mewujudkan pertumbuhan industri fintech, kami mendukung infrastruktur OY! Indonesia menggunakan Solusi Cash Management Danamon untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat dan aman,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo