TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gen Kami: Gibran Adalah Disrupsi Dalam Politik Kekuasaan

Oleh: Farhan
Jumat, 17 November 2023 | 17:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Majunya Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dalam kontestasi Pilpres 2024 adalah angin segar bagi representasi anak muda dalam kepemimpinan nasional.

Hal ini diungkapkan Ketua Gerakan Komunitas Aktivis Milenial (Gen Kami), Ilham Latupono.

Meski sejumlah pihak mengatakan bahwa representasi tersebut adalah ilusi, dan tak lebih dari pemanfaatan akses karena Gibran adalah putra Presiden Jokowi, justru Gen Kami melihat dari sisi sebaliknya.

Menurut Ilham, ini sebuah upaya yang baik ketika kaum muda kerap dianggap "anak ingusan", belum layak mengikuti kontestasi kekuasaan, karena dinilai kurang pengalaman.

"Ya, ini biasa di generasi kami, melihat peluang yang ada dalam sebuah kompetisi. Apalagi dalam kompetisi yang disesaki sama orang yang itu-itu saja, yang mungkin akan menutup ruang bagi kalangan muda," ucap Ilham dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2023).

Menurutnya, di era disrupsi dan kemajuan ini, pandangan politik pun bisa mengalami pergeseran, dari paham-paham dan cara lama ke gaya kepemimpinan yang lebih segar dan lebih relevan.

Saya yakin setelah ini ruang-ruang bagi kalangan muda dalam kepemimpinan nasional akan terbuka lebar. Apatisme terhadap politik yang selama ini dilekatkan kepada (generasi) milenial dan gen-z akan runtuh," tutur Ilham.

Ilham pun menganalogikan dinamika politik ini pada teknologi baru yang selalu mendisrupsi bisnis lama dan pola-pola usang.

"Awalnya orang khawatir dan sulit menerima cara baru ini, tapi nyatanya tak butuh waktu lama semua ikut merasakan kemudahan dan dampak positifnya. Dan saat ini, Indonesia membutuhkan kemajuan yang cepat, profesional, dan kreatif dari tangan-tangan pemimpin muda," ungkapnya.

Dia meyakini, di tangan pemimpin muda, kekuasaan hanyalah alat yang perlu diraih melalui demokrasi.

"Orientasinya tetap kemaslahatan dan masa depan negeri. Kekuasaan hanyalah instrumen, bukan tujuan. Dan, Gibran adalah disrupsi dalam politik kekuasaan itu sendiri," ucapnya.

Sementara itu, tidak semua kalangan senior mengalami krisis eksistensi. Masih banyak pula sosok-sosok yang dituakan yang terbuka dan memberikan ruang bagi kalangan muda.

"Senior-senior seperti ini jelas ada pada sosok Pak Prabowo, dan masih banyak lagi. Kami sangat menghormati senior yang open minded seperti itu," tandas Ilham.

Komentar:
Bapenda
Serut
Bapendalit
ePaper Edisi 13 Mei 2024
Berita Populer
02
Tenis Italian Open 2024

Olahraga | 1 hari yang lalu

03
Semifinal Playoffs NBA 2024

Olahraga | 2 hari yang lalu

07
Bung Karno Bukan Hanya Milik Satu Partai

Nasional | 2 hari yang lalu

09
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo