TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Uji Kendaraan di Tangsel Semakin Mudah, Dishub Luncurkan Layanan Drive Thru dan Booking Online KIR

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 27 November 2023 | 19:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SETU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menghadirkan inovasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Kali ini dengan inovasi tersebut, Dishub Kota Tangsel memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin menjalani uji kendaraan bermotor atau uji KIR. 

Kemudahan itu disuguhkan dengan peluncuran layanan tanpa turun atau drive thru dan juga sistem layanan booking online uji KIR, disingkat Bookir, Senin (27/11/2023). 

Kepala Dishub Kota Tangsel, Chaerudin mengungkapkan, dengan bangga inovasi ini diluncurkan sebagai upaya dalam memudahkan masyarakat dalam menikmati layanan yang diberikan. 

"Inovasi sebagai langkah maju Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan ini akan meningkatkan efisiensi kepada masyarakat dalam menjalani pengujian KIR. Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat," ujar Chaerudin. 

Inovasi ini, kata Chaerudin, juga mampu mewujudkan layanan publik yang transparan.

"Sistem inovasi ini dibuat dengan tujuan, mengurangi antrean pelayanan dan mempercepat alur pelayanan masyarakat. Inovasi dalam pengujian kendaraan ini memungkinkan masyarakat melakukan pengujian cepat dan efisien," jelasnya. 

Ia berharap, inovasi yang kini baru dihadirkan ini dapat digunakan dan memberi manfaat bagi masyarakat. 

"Agar dapat mencapai tujuan bersama, dan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, dan transparan," harapnya. 

Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dishub Kota Tangsel, Heris Cahya Kusuma menuturkan, inovasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin menguji kendaraan bermotornya. 

Sebagai awal kehadirannya, sistem drive thru dan booking online ini akan melayani hingga 20 pemohon per harinya. Kemudian secara bertahap, kuota tersebut akan ditambah. 

"Per hari sekarang rata rata sehari 80-100 kendaraan. Untuk booking online kita batasi mungkin 20 per hari. Kemudian depan 50 persen, dan secara bertahap sampai nanti 100 persen," kata Heris. 

Layanan ini, kata Heris, dapat dinikmati dengan sangat mudah. Pertama masyarakat bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu via online melalui website bookir.tangerangselatankota.go.id.

"Kemudian memasukan nomor kendaraan atau nomor uji, memilih tanggal kapan bisa datang, memilih sesi biar orang gak datang semua pagi. Habis itu muncul kode pembayaran, bisa pakai virtual account, nanti juga muncul kode booking. Kode booking itu nanti diserahkan saat datang di pos pendaftaran drive thru," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo