TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Sidak Pasar Malam Keputran Surabaya

Mendag Zulhas: Ibu-ibu Bahagia Harga Bapok Turun

Oleh: OKT/AY
Minggu, 31 Juli 2022 | 13:40 WIB
Mendag Zulkifli Hasan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah saat mengunjungi Pasar Keputran Surabaya. (Ist)
Mendag Zulkifli Hasan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah saat mengunjungi Pasar Keputran Surabaya. (Ist)

SURABAYA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan, ibu-ibu rumah tangga semakin bahagia karena harga barang kebutuhan pokok (bapok) terus mengalami penurunan. Dengan harga bapok yang terjaga, inflasi akan tetap terkendali.

"Kita syukuri mudah-mudahan harga bapok rendah dan stabil terus sehingga inflasi terjaga. Kalau harga-harga turun maka ibu-ibu yang dagang dan ibu rumah tangga senang dan bahagia," ujar Mendag Zulkifli Hasan, usai melakukan inspeksi mendadak (sidak), di Pasar Grosir Keputran Surabaya, pada Sabtu malam (30/7).

Turut hadir pada sidak tersebut, Gubernur Jawa Timur Kofifah Indah Parawangsa. Hadir pula Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono. Keduanya turut mendampingi Mendag Zulhas dalam sidak di pasar tersebut.

"Sengaja saya tidak ke pasar pagi, tapi yang malam karena komoditas di pasar ini untuk dijual lagi. Saya terkejut, harga bawang merah mulai Rp 25.000-28.000/kg. Artinya pengecer bisa jual Rp 35.000-40.000/kg. Harga ini sudah jauh menurun dari harga sebelumnya," tuturnya.

Mendag Zulkifli Hasan menyebut, komoditas hortikultura lain di Pasar Keputran terus mengalami penurunan.

"Segala jenis cabai, harga rata-rata sudah Rp 55.000/kg. Jadi pengecer bisa jual di harga Rp 60.000-65.000/kg. Jauh lebih murah. Sementara harga bawang putih dan beras stabil. Sedangkan harga sayuran cenderung turun," imbuh Zulhas.

 menambahkan, Kemendag akan terus melakukan pemantauan guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga bapok di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, pada hari yang sama Mendag Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga dan pasokan bapok di Pasar Kasih Naikoten di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Saya keliling terus. Tadi pagi saya ke Pasar Kasih Naikoten, Kupang. Harga daging sapi di sana termurah se-Indonesia, Rp 110.000/kg," tandasnya.

Pasar Keputran merupakan pasar grosir, khususnya untuk produk hortikultura seperti bawang, cabai, dan sayuran.Geliat pada pasar ini mulai memuncak pada sore hingga dini hari.

Berdasarkan pantauan, harga cabe rawit tercatat Rp55.000/kg, cabe keriting (Rp 60.000/kg), cabe besar (Rp 60.000/kg), bawang merah probolinggo ukuran kecil (Rp 25.000/kg), bawang merah super (Rp 30.000/kg), bawang putih honan (Rp 19.000/kg), serta bawang putih kating Rp 24.000/kg. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo