TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jaga Ekonomi Kelas Bawah

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 02 Desember 2023 | 07:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Hiruk pikuk kampanye Pemilu dan Pilpres tak boleh mengurangi perhatian para petinggi negeri ini terhadap orang-orang yang ada di lapisan paling bawah.

Roda ekonomi rakyat kecil tak boleh berhenti berputar. Oleh karena itu, tekad menciptakan lapangan kerja baru tak boleh surut. Terutama lapangan kerja untuk korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) akibat pandemi Covid-19.

Ke depan ini orang-orang yang tergolong sangat miskin harus bisa naik kelas. Kuncinya, mereka tak boleh ter­lalu lama menganggur. Mereka harus bekerja kembali untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Supaya mereka bisa segera bekerja lagi, kita berharap, pemerintah pusat dan pemerintah daerah memperbanyak proyek padat karya. Bukan ha­nya di perkotaan, proyek padat karya yang bisa menyerap ribuan tenaga kerja, juga mesti sampai ke pedesaan.

Pembangunan jalan kabupaten, sarana irigasi, infrastruktur kecamatan dan desa sudah saatnya dikerjakan dalam bentuk proyek padat karya.

Ke depan ini, proyek pembangunan pelabuhan, bandara, bendungan dan pengerukan sungai juga mesti melibatkan warga setempat.

Orang-orang yang masih menganggur, harus diberi peluang untuk bekerja di proyek padat karya di sekitar tempat tinggal mereka. Kalau sebagian besar warga desa bekerja, ekonomi lokal akan tumbuh lebih cepat.

Upaya menciptakan lapangan kerja baru di kota-kota kecamatan dan desa, mesti dilakukan sekuat tenaga oleh pemerintah pusat, bersama-sama para gubernur, bupati dan walikota. Permudah perizinan bagi calon inves­tor, yang bisnisnya menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Bukan hanya tenaga kerja level menengah, tapi juga tenaga terdidik, baik sarjana maupun pasca sarjana.

Jadi supaya rakyat kecil yang ada di desa-desa bisa lebih cepat naik kelas, investasi baru harus diarahkan ke daerah-daerah.

Sekali lagi, supaya rakyat di lapisan paling bawah, tetap bisa makan, bisa membeli pakaian dan menyekolahkan anak, upaya menciptakan lapangan kerja baru tak boleh ber­henti. Sebab, semakin banyak lapangan kerja tercipta, roda ekonomi di level bawah akan semakin cepat berputar.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo