TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih, Berapa Kebutuhan per Hari?

Laporan: Gema
Sabtu, 09 Desember 2023 | 09:58 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Mengonsumsi gula secara berlebih, dapat mendatangkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga jantung. Masalah tersebut akan muncul ketika kita mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan yang biasanya digunakan untuk menambah rasa.

Gula pada dasarnya secara alami terdapat di makanan yang mengandung karbohidrat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan juga produk susu. Gula juga merupakan sumber energi yang stabil terhadap sel dalam tubuh.

Dr Frank Hu, profesor nutrisi di Harvard, menjelaskan bahwa masalah kesehatan akan timbul apabila kita mengonsumsi gula tambahan secara berlebih. 

"Pada dasarnya, semakin tinggi asupan gula tambahan, semakin tinggi pula risiko penyakit jantung," kata Dr. Hu.

Asupan gula yang tinggi, dapat membebani kinerja hati dan menyebabkan penumpukan lemak yang lebih besar. Hal ini menjadi penyebab diabetes yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Gula tambahan juga berpotensi mendatangkan risiko tekanan darah tinggi, serta peradangan, yang juga berkaitan dengan kesehatan jantung dan stroke.

Maka dari itu, disarankan agar memperhatikan asupan gula yang masuk dalam tubuh kita sesuai dengan anjuran.

Lantas, berapa kebutuhan gula per hari yang aman atau harus dikonsumsi?

Berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 20 Tahun 2013, setiap orang dianjurkan mengonsumsi gula 10% dari total energi (200 kkal), yaitu sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo