TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tiba Duluan Di KPU, PDIP Daftarkan 47.777 Anggota Partai Untuk Bertarung Di Pilpres 2024, Ini Makna

Oleh: AY/HES
Senin, 01 Agustus 2022 | 11:12 WIB
Sekjen PDIP Hasyo Kristiyanto dan Ketua DPP Bambang Wuryanto saat berada di kantor KPU. (Ist)
Sekjen PDIP Hasyo Kristiyanto dan Ketua DPP Bambang Wuryanto saat berada di kantor KPU. (Ist)

JAKARTA - Hari ini, PDIP memastikan diri sebagai partai yang paling duluan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai peserta Pemilu 2024. 

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tiba di KPU, sekitar pukul 07.55 WIB. Datang paling duluan, dibanding kontestan Pemilu lainnya. 

Rombongan PDIP yang long march dari Kantor DPP PDIP di Jalan Pangeran Diponegoro, datang ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol dengan kostum kebaya dan seragam partai, dan iringan lagu Maju Tak Gentar. Dipimpin Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto.

Sebelumnya, pada Minggu (31/7), PDIP telah menuntaskan pendaftaran melalui jalur online.

"Puji syukur, kami sudah memasukkan ke KPU sebagai parpol peserta pemilu melalui online. Semoga berkah dan menang Pilpres dan Pileg 2024,” ujar Bambang Wuryanto, Senin (1/8).

Politisi yang akrab disapa Bambang Pacul ini menjelaskan, hari ini PDIP mendaftarkan 477.777 orang anggota partai ke KPU.

Jumlah tersebut memang sengaja dihitung sebanyak itu, karena memiliki makna dan filosofi sendiri.

Menurutnya, angka 4 di depan jumlah 477.777, merupakan lambang kursi kuasa atau hasil elektoral. Sedangkan angka 77, dikaitkan dengan tanggal pendaftaran yang masuk bulan Agustus, dan berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan RI ke-77.

"Angka tujuh dalam bahasa Jawa adalah pitu. Angka 777 bermakna agar selalu mendapatkan pitulungan atau pertolongan dari sesama, pitutur atau petuah yang berguna dari para tetua, khususnya Ibu Ketua Umum, serta pituduh atau pencerahan dari Tuhan Yang Maha Esa,” beber Bambang Pacul.

Pendaftaran PDIP sebagai parpol pertama yang mendaftar secara resmi ke KPU, sebagai peserta Pemilu 2024, dilakukan atas instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pendaftaran calon partai politik peserta Pemilu berlangsung pada 1-14 Agustus 2022. Dengan waktu pendaftaran pada pukul 08.00-16.00 WIB untuk 1-13 Agustus. Khusus hari terakhir, sampai pukul 23.59 WIB. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo