TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

DSDABMBK Bangun Tandon Serua River Park Mampu Tampung 10 Ribu Meter Kubik Air

Laporan: Irma Permata Sari
Senin, 18 Desember 2023 | 12:38 WIB
DSDABMBK Bangun Tandon Serua River Park. (Ist)
DSDABMBK Bangun Tandon Serua River Park. (Ist)

CIPUTAT, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan berbagai jenis pembangunan yang bertujuan guna menanggulangi banjir di sejumlah wilayah.

Salah satunya, yakni Tandon yang dinamakan dengan Serua River Park yang mampu menampung volume air mencapai 10 ribu meter kubik.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DSDABMBK Kota Tangsel, Eka Pribawa mengatakan, pembangunan tandon ini merupakan upaya pemerintah dalam hal penanggulangan banjir. Mengingat, musim hujan kini mulai tiba.

Proses pembangunan, kata Eka, kini sudah hampir rampung. Ia mengatakan, akhir tahun ini pembangunan Tandon Serua River Park rampung dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Di Desember ini akan selesai dan 2024 akan diresmikan,”ungkapnya.

Ia memaparkan, Tandon tersebut berguna untuk menampung debit air. Terutama ketika hujan deras terus mengguyur.

"Dengan luas 5700 meter persegi. Ketinggian 4 meter, dan kedalaman 4 meter. Intinya untuk menanggulangi banjir. Kalau ada hujan ini kita tampung dulu ke kolam tampungan atau tandon. Kalau sudah menampung nanti dialihkan melalui saluran itu," tuturnya.

Selain untuk menampung debit air, DSDABMBK Kota Tangsel juga melengkapi area Tandon dengan lintasan jogging. Sehingga nantinya masyarakat dapat memanfaatkannya.

"Ada pagar pengaman, kemudian ada gapura, dan ada penerangan, papan informasi larangan sama nanti ada podium di ujungnya, dan tentunya jogging track dengan panjang 325 meter," tandasnya.

Perlu diketahui sampai saat ini sudah ada 7 tandon baru yang dibangun oleh DSDABMBK dititik banjir.

Sementara DSDABMBK telah membangun 3 long storage sebagai parkir air saat hujan turun. Salah satunya di perumahan Pondok Jagung, Serpong Utara. (Adv)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo