TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ratusan Peserta Meriahkan Tangsel Digifest 2022, Catat Jadwal Selengkapnya

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 02 Agustus 2022 | 21:32 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang Selatan, Warman Syanudin. (ist)
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang Selatan, Warman Syanudin. (ist)

SERPONG, Pemerintah Kota Tangerang Selatan segera akan menggelar festival untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang mengolah dan memasarkan produknya secara digital, bertajuk Tangsel Digifest 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang Selatan, Warman Syanudin menuturkan, kegiatan yang menjadi rangkaian dalam peringatan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Tangsel, serta Hari UMKM nasional. 

"Untuk acara puncaknya, akan berlangsung pada 12 sampai 14 Agustus 2022. Kalau pelaksanaannya sudah dari awal Juli," ujar Warman kepada Tangselpos.id, Selasa (2/8/2022). 

Sementara untuk lokasinya, kata Warman, akan dihelat di wilayah BSD, Serpong, Tangsel. 

Kegiatan ini berlangsung dengan kolaborasi bersama perusahaan yang mengembangkan basis ilmu pengetahuan dan teknologi, Nanotech. 

"Jadi kita gabungkan, karena kaitannya dengan entrepreneur digifest," imbuhnya. 

Meski acaranya belum berlangsung, Warman menyebut bahwa sudah ada ratusan peserta tang mendaftar untuk memeriahkan acara ini. 

"Pendaftarnya sudah lebih dari 500 perserta. Itu baru sampai saat ini. Soalnya kan mungkin bisa sampai lebih dari 600-an," paparnya. 

Sementara untuk persyaratannya, adalah pelaku usaha harus mengolah hingga memasarkan produknya secara digital. 

"Jadi bagaimana para UMKM mengembangkan produknya harus dengan entrepreneur secara digital. Misal pengolahannya tidak manual lagi, begitu juga cara packaging, pemasaran, penatausahaannya. Jadi mau kita dorong digitalisasi itu," jelasnya. 

Dari ratusan peserta itu, Pemkot Tangsel nantinya akan memilih beberapa pemenang dari masing-masing kecamatan  

 "Juara satu dua tiga per kecamatan nanti kita tingkatkan ke tingkat kota. Itu semua dari seluruh kecamatan. Misalnya yang fashion, kita pilih juara satu, dua, dan tiga tingkat kecamatan. Begitu juga kuliner, dan lainnya. Nanti dari situ kita tarik ke tingkat kota," imbuhnya. 

"Nanti hasil dari produk mereka. Misal pengolahan produk, cara pembuatan hingga pemasaran, nanti akan dipraktikkan olahannya gimana, bahannya apa, ini hasilnya," sambungnya. 

Festival itu, lanjut Warman, nantinya juga akan dimeriahkan dengan tersedianya sejumlah peserta bazaar dan penampilan musik menarik.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo