TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sumedang Diguncang Gempa M4,8, Pasien RSUD Dievakuasi Ke Jalan Raya

Laporan: AY
Senin, 01 Januari 2024 | 06:34 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAWA BARAT - Akibat gempa M4,8 yang mengguncang Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023) pukul 20.34 WIB, sebanyak 331 pasien RSUD Sumedang yang terdiri dari 248 pasien rawat inap dan 83 pasien IGD dievakuasi ke halaman gedung, dan lima tenda yang ditempatkan di jalan raya.
Gempa I ni diawali oleh dua gempa pembuka (foreshock) berkekuatan M4.1 yang terjadi pada pukul 14.35 WIB dan M3.4 pada pukul 15.38 WIB.
Hasil rekaman data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa pertama bee kekuatan M 4.1 berpusat di 6.48 LS dan 107.93 BT pada kedalaman 10 km.
Sementara pusat gempa kedua berkekuatan M3.4 pada kedalaman 6 km, berada di titik 6.84 LS dan 107.34 BT.

Gempa ketiga (main shake) berkekuatan M4.8 berdekatan dengan pusat gempa sebelumnya, pada koordinat 6.85 LS dan 107.94 BT, dengan kedalaman 5 km.

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) via Facebook pada Senin (1/1/2024), hasil kaji cepat tim gabungan menyebutkan, ada tiga bangunan rumah sakit yang retak. Yakni gedung Paviliun, VIP dan Sakura. Tim terus menyisir titik lain untuk pengecekan lebih lanjut.

Pakuon dilaporkan dalam kondisi aman, namun seluruh pasien tetap dievakuasi keluar gedung sebagai antisipasi, hingga kondisi dipastikan aman dan terkendali.
Di wilayah Babakan Hutip,  53 rumah dilaporkan terdampak dan 200 warga dievakuasi ke lapangan terdekat. Tim gabungan saat ini sedang mendirikan tenda lapangan, untuk menampung warga.

Pemerintah Kabupaten Sumedang juga telah menyiagakan Posko Utama di Pos Pam Nataru yang berlokasi di depan Alun-Alun Sumedang, termasuk posko informasi.

Tetap Tenang

Pj. Bupati Sumedang Tuti Ruswati memastikan kondisi Sumedang aman terkendali. Warga diimbau agar tetap tenang.

Apabila terjadi gempa susulan, warga harus langsung keluar rumah," imbau Tuti.
Terkait keretakan dinding Cisumdawu Twin Tunnel, Tol Cisumdawu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  berkoordinasi dengan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pengelola Tol Cisumdawu.

Kunjungan Kepala BNPB

Sebagai bentuk dukungan percepatan penanganan bencana gempa M 4.8 Sumedang, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto akan berangkat ke lokasi terdampak pada hari ini, Senin (1/1/2024).
Dalam kunjungan itu, Kepala BNPB akan didampingi oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Kapusdalops) dan Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo