TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Pemilu, Elektabilitas Gerindra Dan PSI Naik

Laporan: AY
Senin, 01 Januari 2024 | 11:41 WIB
Hasil survei NSN. Foto : Ist
Hasil survei NSN. Foto : Ist

JAKARTA - Temuan survei Nusantara Strategic Network (NSN) menunjukkan Partai Gerindra berpeluang muncul sebagai partai pemenang pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2024 dengan meraih elektabilitas 18,8 persen. 
Pada posisi kedua ada PDI Perjuangan sebesar 16,3 persen. Selain Gerindra, partai lain yang mengalami kenaikan elektabilitas adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pada Oktober 2023 lalu elektabilitas PSI baru menembus 4,2 persen, lalu naik menjadi 5,4 persen (November 2023), dan kini mencapai 6,1 persen.
Direktur Program NSN Huslidar Riandi mengatakan, PSI menunjuk Kaesang Pangarep yang merupakan putera Jokowi sebagai ketua umum pada akhir September 2023, hingga mengerek elektabilitas menembus ambang batas parlemen sebesar 4 persen. PSI lalu memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran pada arena Pilpres.

Sementara itu partai-partai lain cenderung masih stabil, di antaranya Golkar yang masih menduduki posisi tiga besar dengan elektabilitas 8,8 persen. Menyusul pada urutan berikutnya ada PKB (7,4 persen), Demokrat (7,2 persen), dan PKS (4,4 persen). 

Partai-partai lain meraih elektabilitas di bawah 4 persen, meskipun masih berpeluang lolos jika memperhitungkan margin of error. Di antaranya ada PAN (3,2 persen), Nasdem (2,6 persen), PPP (2,0 persen), Perindo (1,7 persen), dan Gelora (1,2 persen).
“Partai-partai papan menengah tersebut masih harus berjuang untuk bisa menembus ambang batas parlemen, di tengah minimnya coattail effect yang bisa diraih dalam situasi pemilu serentak yang berbarengan dengan Pilpres,” ujar Riandi dalam keterangan tertulis, Senin (1/1/2024).

Selebihnya adalah partai-partai papan bawah yang kecil peluangnya bisa melenggang ke Senayan. Di antaranya adalah PBB (0,7 persen), Hanura (0,6 persen), Ummat (0,5 persen), dan Garuda (0,1 persen). Lalu ada partai baru PKN dan Buruh yang masih nihil dukungan.
“Pada setiap gelaran pemilu, partai baru dan non-parlemen selalu menghadapi tantangan yang berat mengingat sistem multipartai yang berlaku lebih menguntungkan bagi partai-partai besar,” pungkas Riandi. Masih ada 18,4 persen responden yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab.
Survei Nusantara Strategic Network (NSN) dilakukan pada 23-27 Desember 2023, secara tatap muka kepada 1.200 responden mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo