TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

OMG Cirebon Dukung Ganjar Presiden 2024

Laporan: AY
Rabu, 03 Agustus 2022 | 20:30 WIB
Enam ribu warga Cirebon meramaikan pagelaran budaya dalam rangka dukung Ganjar Presiden 2024 bertempat di Alun-alun Kecamatan Gegesikl, Cirebon. Foto : Istimewa
Enam ribu warga Cirebon meramaikan pagelaran budaya dalam rangka dukung Ganjar Presiden 2024 bertempat di Alun-alun Kecamatan Gegesikl, Cirebon. Foto : Istimewa

CIREBON - Panas terik matahari tak menyurutkan semangat ribuan masyarakat untuk menyaksikan Arak-arakan 100 Singa Depok yang digelar relawan OMG atau Orang Muda Ganjar di Alun-alun Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (3/8).


Mereka antusias dan rela berjejer di sepanjang jalan menuju Alun-alun Kecamatan Gegesik, hingga penuh sesak di Alun-alun untuk ikut serta dalam kemeriahan dan kemegahaan pagelaran budaya tersebut. 


"Estimasi peserta 3 ribu orang, tapi yang datang alhamdulillah sampai 6 ribu orang. Mereka merupakan warga 14 Desa di Gegesik serta  perwakilan dari daerah lain di Jabar," kata penanggung jawab acara OMG Cirebon, Gilang Mahesa di lokasi, Rabu (3/8).


Menurut Gilang, antusiasme masyarakat tak terlepas dari popularitas kepemimpinan Ganjar Pranowo yang memang sudah sangat dikenal luas. Hal ini memudahkan penyelenggara untuk mengajak partisipasi masyarakat.

Pagelaran budaya ini diberi nama 'Ganjar Dugawean', yang dapat dimaknai Ganjar hajatan besar di Cirebon. Gilang menyebut pagelaran budaya ini ada korelasinya antara sosok Ganjar dengan masyarakat di Cirebon, khususnya di Gegesik. 


Menurutnya, Ganjar punya kepribadian dan kepemimpinan yang cinta pada rakyatnya, peduli UMKM hingga petani, dan sangat mencintai budaya. Hal itu dapat dilihat dalam kebijakan Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah, maupun ketika dulu menjadi anggota DPR RI. 

"Kami sebagai kawula muda banyak sekali mencontoh kepribadian Pak Ganjar yang merakyat, dialogis dan menjadi figur inspiratif, mensuport dan memfasilitasi kita," ucapnya. 

Dalam acara ini, kata Gilang, dihadirkan kesenian Singa Depok, wayang kulit, tarian Rampak Topeng, tarian Nusantara dan sebagainya. UMKM juga dirangkul untuk berjualan di area kegiatan untuk dinikmati masyarakat.  


"Korelasi dengan acara ini kami meniru seorang Pak Ganjar bisa merangkul berbagai sektor, di antaranya UMKM, para petani, penggiat seni budaya," jelas Gilang. 


Gilang menyebut, ada bantuan cangkul, benih padi dan satu set sound system dari OMG kepada para petani dan pelaku seni. Hal itu sebagai bentuk kepedulain nyata dari OMG kepada masyarakat. Ia berharap kegiatan dan bantuan itu bermanfaat bagi masyarakat. 


Sementara itu,  Koordinator OMG Nasional, Pancar Setiabudi Ilham Mukaromah mengajak kawula muda di Indonesia, khususnya di Gegesik, Cirebon untuk terus menyebarkan aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024. 


"Mari kita dukung Bapak H. Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden Indonesia," ucap Pancar yang disambut riuh semangat oleh peserta. 

Pancar menyatakan, kepemimpinan Ganjar sudah terbukti mendorong anak muda untuk berkembang dan maju agar bermanfaat bagi masyarakat. Serta mendorong agar UMKM maju dan kebudayaan Indonesia tetap dilestarikan.


Pancar menambahkan, ke depan bakal ada kegiatan-kegiatan lain yang digelar untuk mengkonsolidasikan dukungan untuk gerakan Ganjar Pranowo Presiden 2024. 


Menurutnya, rangkaian deklarasi sudah dilakukan di beberapa provinsi, termasuk di Jabar. Setelah deklarasi akan diadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak muda di seluruh wilayah Indonesia


Dalam rangkaian acara juga ada penampilan artis Pantura, Dede Risty,  serta penampilan kesenian wayang dari Ki Dalang Sunara Anom Sunara Pratama dari grup Wayang Manunggaling Budaya. Ada juga pembagian doorprize bagi peserta dengan hadiah di antaranyan kulkas, kipas angin hingga kebutuhan rumah tangga dan anak muda. (AY/MS/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo