TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sri Mulyani Tidak Akan Mundur Dari Kabinet

Laporan: AY
Selasa, 16 Januari 2024 | 08:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Belakangan ini, beredar kabar bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mundur dari kabinet. Bahkan, ekonom senior Faisal Basri ikut merayu Sri Mul untuk mundur. Namun, selang sehari rayuan itu dilontarkan Faisal, Sri Mul malah posting foto keakraban dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang diskusi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Melihat postingan ini, bisa disimpulkan kalau Sri Mul tidak mungkin mundur.
Kabar yang menyebut Sri Mul bakal mundur muncul, usai debat Capres-Cawapres sesi 3 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1-2024) malam. Pernyataan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang sempat menyenggol Sri Mul dalam debat membuat rumor itu berkembang cepat di media sosial.

Meskipun hanya rumor, banyak yang menyikapinya secara serius. Termsuk Faisal Basri saat berada di forum Political Outlook 2024 yang digelar di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024). Dalam forum itu, Faisal menyebut saat ini di sejumlah menteri di kabinet dalam kondisi yang tidak nyaman. Bahkan ada yang sudah ancang-ancang untuk angkat kaki dari kabinet.

“Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI belain Jokowi terus, pusing,” ungkap Faisal.

Eks Calon Gubernur DKI di Pilkada tahun 2012 itu mengaku yakin, Sri Mul akan segera mundur. Menurutnya, Sri Mul hanya menunggu waktu saja untuk memutuskan mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan.
“Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini segera. Insya Allah jadi pemicu yang dahsyat. Seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto),” kenangnya.

Apakah rayuan Faisal ke Sri Mul berhasil? Sehari pernyataan itu dilontarkan Faisal, Sri Mul malah memamerkan kemesraan dengan Basuki. Momen ini diunggah melalui postingan di akun Instagramnya @smindrawati pada Minggu (14/1/2024) pagi, atau sehari setelah bujukan itu disuarakan Faisal.

Dalam postingan itu, Sri Mulyani tampak berdiskusi dengan Basuki sambil berdiri membahas anggaran dan IKN. Seperti diketahui, IKN merupakan proyek yang jadi kebanggaan Presiden Jokowi.
“Pak Bas dan saya Sahabat dalam kerja. Minggu lalu Hari Selasa Di Istana Negara tukar pikiran dan tukar kata tentang membangun negara juga Ibu Kota Nusantara,” tulis keterangan tersebut. “Dan anggaran belanja yang terencana dan tertata wujud tanggung jawab kita untuk Nusa Bangsa,” lanjut mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini.

Sebelumnya, Staf Khusus Kementerian Keuangan, Yustinus Prastowo pernah membantah bahwa Sri Mul mundur dari kabinet. Bantahan itu disampaikan Prastowo dalam menanggapi sebuah poster yang tersebar di medsos yang berisi kabar bahwa Sri Mul mundur.

“Beredar poster ini. Kami pastikan HOAX,” ujar Prastowo dalam akun X resminya @prastow.

Prastowo, sapaannya, menegaskan Sri Mulyani tidak pernah menyatakan mundur dari jabatan Menteri Keuangan. “Sampai saat ini Ibu Sri Mulyani tetap menjalankan tugas menjaga keuangan negara dg penuh tanggung jawab,” ujarnya.
Di dunia maya, waranet juga banyak yang tidak percaya kalau Sri Mul akan mengundurkan diri. “Sepertinya langsung ditolak oleh ibu Sri Mulyani,” cuit @FlareUp_9 saat mengomentari berita tentang rayusan Faisal ke Sri Mul. “Bu Sri orang yang bertanggung jawab. Nggak bakalan mungkin mundur hanya karena emosi gaje (nggak jelas) orang-orang frustrasi seperti FB (Faisal Basri),” timpal @_missgwenchana.

Namun akun @f_yathir menilai masuk akal soal kabar yang menyebut Sri Mul bakal mundur. “Masuk akal sih. Bu Sri Mulyani bakalan pusing kalau presiden baru teruskan kebijakan nambah utang. Utang tambah gede, tapi tidak bikin rakyat tambah sejahtera,” kata @f_yathir. “Tapi kalau bukan Ibu Sri Mulyani takutnya malah tambah parah, bisa-bisa masuk jurang resesi,” sahut @rizal__fahmi. “Kelemahan Bu Sri cuma satu, kalau dia sudah nggak diback up atasannya, pasti dia cabut,” pungkas @Jason_scalper.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo