TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jadwal Dan Zona Kampanye Akbar Diteken

Mulai 21 Februari Sampai 10 Februari 2024

Oleh: Farhan
Jumat, 19 Januari 2024 | 11:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Kampanye terakhir, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan kampanye di Jakarta International Stadium (JIS), Prabowo di Gelora Bung Karno (GBK) dan Ganjar di Jawa Tengah.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal dan zona kampanye akbar melalui metode rapat umum bagi pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) bersama partai politik (parpol) pengusung dan pendukung.
Kampanye akbar peserta Pemilu 2024 dimulai 21 Januari-10 Februari 2024. Selama 21 Januari-7 Februari, kampanye ak­bar mengikuti zonasi. Sedangkan tiga hari sisanya, 8-10 Februari, capres-cawapres memilih lokasi kampanye sendiri.

Jadwal ini diteken Ketua KPU Hasyim Asy’ari lewat Keputusan KPU Nomor 78 Tahun 2024, Rabu (17/1/2024).

“Kampanye pemilihan umum melalui metode rapat umum parpol dan pasangan calon presiden dan wakil presiden dibagi menjadi 3 (tiga) zona,” jelas Hasyim dalam keterangannya, Kamis (18/1/24).
Tiga zona yang dimaksud KPU adalah zona A yang terdiri atas 13 provinsi, zona B yaitu 13 provinsi dan zona C dengan 12 provinsi.

Komisioner KPU Bidang Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, August Mellaz menambahkan, jadwal dan wilayah kampanye akbar pasangan capres-cawapres dan parpol pendukung sudah disepakati bersama pada 14 Januari 2024.
“Yang hadir rapat koordinasi (liaison office/LO) tim pasangan calon dan LO partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024,” kata Mellaz dalam keterangannya, Kamis (18/1/2024).

3 hari terakhir kampanye, yaitu 8-10 Februari 2024, kata Mellaz, pasangan capres-cawapres dan partai politik pen­gusung/pendukung bebas menyampaikan keinginan untuk menghelat kampanye akbar rapat umum di wilayah mana saja.

Wilayah kampanye akbar dibagi ke dalam 3 zonasi secara proporsional antara wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Zona tersebut selanjutnya disebut sebagai zona A, B, dan C.

Zona A terdiri dari Aceh, Riau, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua Pegunungan
Zona B terdiri dari Sumatera Utara, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Selatan dan Papua Barat Daya
Zona C terdiri dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua dan Papua Tengah.

Selanjutnya, KPU juga menetapkan jadwal kampanye akbar capres-cawapres pada 8-10 Februari. Pada 8 Februari2024, Anies Baswedan-Cak Imin kampanye di Jawa Barat, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kampanye di Jawa Tengah dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kampanye di Jawa Timur.

Pada 9 Februari2024, Anies Baswedan-Cak Imin kampanye di Jawa Timur (Sidoarjo), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kampanye di Jawa Timur (Surabaya) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kampanye di DKI Jakarta.
Pada 10 Februari 2024, Anies Baswedan-Cak Imin kampanye di DKI Jakarta (JIS), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kampanye di DKI Jakarta (GBK) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md Kampanye di Jawa Tengah.

KPU juga telah menetapkan jadwal kampanye akbar rapat umum capres-cawapres dan parpol pendukung.
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, beserta Partai Nasdem, PKB, dan PKS selaku partai pengusung dan Partai Ummat sebagai partai pendukung akan mengawali kampanye akbar rapat umum di zona A pada 21, 24, 27, 30 Januari, lalu 2 dan 5 Februari 2024.

Kemudian, di zona C pada 22, 25, 28, 31 Januari, lalu 3 dan 6 Februari 2024. Lalu, di zona B pada pada 23, 26, 29 Januari, lalu 1, 4, dan 7 Februari 2024.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka beserta Partai Gerindra, Golkar, PAN, Garuda, PBB, Demokrat, dan PSI selaku partai pengusung dan Partai Gelora sebagai partai pendukung akan memulai kampanye akbar rapat umum di zona B pada 21, 24, 27, 30 Januari, lalu 2 dan 5 Februari 2024.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo