TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Polsek Pondok Aren Mitigasi Kerawanan Pemilu 2024

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 23 Januari 2024 | 07:00 WIB
Polsek Pondok Aren bersama Mustika gelar Apel untuk mitigasi kerawanan Pemilu di Pondok Aren.(dra)
Polsek Pondok Aren bersama Mustika gelar Apel untuk mitigasi kerawanan Pemilu di Pondok Aren.(dra)

PONDOK AREN - Polsek Pondok Aren gelar apel gabungan dengan seluruh jajaran Muspika di Kecamatan Pondok Aren, Senin (22/1). Apel itu sekaligus mitigasi kerawanan Pemilu di wilayah tersebut.

Kapolsek Pondok Aren, Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan, berbagai langkah harus segera disiapkan untuk menciptakan Pemilu yang aman dan lancar pada 14 Februari mendatang.

Menurut Kapolsek, situasi yang aman dan lancar saat pelaksanaan Pemilu nanti harus dilakukan dengan cara kolaborasi semua pihak.

“Kita harus berkoordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait, sepuluh langkah ke depan kita sudah laksanakan, seperti cek TPS supaya untuk menciptakan situasi khususnya wilayah Pondok Aren aman, lancar, dan tertib," ujarnya.

Bambang tak menampik bahwa Pondok Aren menjadi salah satu wilayah rawan dalam pelaksanaan Pemilu nanti.

Kerawanan tersebut diketahui berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Pemilu pada 2014 dan 2019 lalu.

Ia menjelaskan, berbagai langkah mitigasi telah dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk mengantisipasi terjadinya situasi yang tidak diinginkan di wilayah Pondok Aren.

“Menguasai wilayah dan paham karakteristik situasi Kamtibmas dengan melakukan kolaborasi antar semua elemen masyarakat dalam mewujudkan ekosistem kamtibmas yang kondusif,” tuturnya.

Dia melanjutkan, salah satu langkah yang harus dilakukan yaitu dengan menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan mensosialisasikan apa saja yang harus dihindari saat pelaksanaan Pemilu nanti berlangsung.

“Intinya diharapkan TNI-Polri siap lebih awal sebagai upaya mitigasi kerawanan Pemilu berkaca dari Pemilu sebelumnya. Upaya cooling sytem selalu kita bangun di masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel sebelumnya telah melakukan pemetaan wilayah yang dinilai rawan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Wilayah paling rawan, di antaranya Kecamatan Ciputat dan Pondok Aren. Masuknya kedua Kecamatan tersebut sebagai wilayah rawan lantaran terdapat beberapa kecurangan yang pernah terjadi pada Pemilu 2014 dan 2019 lalu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo