TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim Hari Ini

Oleh: AY/RM.ID
Jumat, 05 Agustus 2022 | 12:44 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim Hari Ini. (Ist)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim Hari Ini. (Ist)

JAKARTA - China mulai mengirimkan rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai hari ini, Jumat (5/8). 

Kereta ini diproduksi CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China. Sebanyak 11 rangkaian kereta telah selesai diproduksi pada awal April tahun ini. Tak cuma EMU, sebelumnya satu unit Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi juga sudah rampung diproduksi.

Sebelum dikirim ke Indonesia, rangkaian kereta ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test. Seremoni pengiriman kereta tersebut akan disiarkan di YouTube PT KCIC-Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Sebelumnya, Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, produksi rangkaian kereta cepat tersebut dilakukan dengan standar internasional. 

"Produksi EMU di pabrik China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang di Qingdao, China, dilakukan dengan sistem manajemen mutu terstandardisasi internasional ISO 9001,” ujarnya.

Dia mengatakan, rangkaian EMU dan CIT KCJB dirancang sesuai dengan kondisi geologis di Pulau Jawa. Di dalamnya terdapat teknologi canggih berupa disaster monitoring sehingga kereta ini bukan hanya mampu melesat dengan cepat, namun juga memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang sangat tinggi.

Sistem keamanan yang terpasang dalam rangkaian EMU KCJB akan ditopang oleh berbagai instrumen keamanan seperti Dispatching Monitoring Center, sensor pendeteksi ancaman di sepanjang trase KCJB, dan Disaster Monitoring Terminal di Tegalluar sebagai pusat pengelolaan data kebencanaan. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo