TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Klub Riset Bildung Rutin Pelatihan Riset Di UIN Jakarta

Oleh: mg.1
Jumat, 26 Januari 2024 | 07:00 WIB
Klub riset ini rutin melakukan pelatihan dan diskusi.(mg.1)
Klub riset ini rutin melakukan pelatihan dan diskusi.(mg.1)

CIPUTAT TIMUR  -Klub Riset Bildung Pascasarjana UIN Jakarta Gelar diskusi  “Perumusan Metode Penelitian Kepustakaan, Lapangan, dan Internet” di ruang perpustakaan Riset Pascasarjana UIN Jakarta,  Selasa (23/1). Acara tersebut dihadiri langsung oleh pendiri Klub Riset Bildung sekaligus dosen Pascasarjana UIN Jakarta, Suwendi dan Rizqi Handayani selaku dosen Magister Pengkajian Islam SPs UIN Jakarta. Kegiatan ini dipandu oleh Koordinator Klub Riset Bulding, Ahmad Junizar.

Ahmad Junizar mengatakan, dari acara  ini diharapkan dapat membantu proses penelitian oleh kalangan kampus dan berkomitmen untuk mendukung kegiatan penelitian.

“Diskusi ini dapat membantu mahasiswa dan akademisi dalam penulisan karya ilmiah. Selain itu, kegiatan ini pun menunjukkan komitmen kuatnya dalam mendukung pengembangan kemampuan riset di kalangan mahasiswa dan akademisi,” ucapnya.

Sementara, Suwendi menjelaskan,  tahapan dalam penelitian. Ia menyebut dalam penelitian ada tiga tahapan yakni, pertama pra riset, kedua zona riset dan terakhir pasca riset.

“Pertama, zona pra riset, di mana peserta mempelajari hal-hal penting sebelum melakukan penelitian, seperti memahami metode penelitian. Kedua, zona riset, merupakan penerapan ilmu-ilmu kepenulisan yang dipelajari pada fase pertama dan terakhir zona pasca riset, fokus pada eksplorasi hasil penelitian dan inovasi publikasi modern seperti podcast dan video pendek,” terangnya.

Rizqi Handayani sendiri menyebut bahwa peneliti berperan penting dalam menentukan metode penelitian. “Sebab merekalah yang paling mengetahui metode yang tepat untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian, the resercher is the key instrumen,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini diadakan rutin setiap Selasa di Gedung Perpustakaan Riset SPS UIN Jakarta. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan riset para mahasiswa.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo