TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Lindungi Petani Kecil

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 27 Januari 2024 | 06:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Sudah saatnya Bulog bersiap-siap menghadapi panen padi Maret-April 2024. Sehingga, ketika produksi beras petani meningkat, sebagian besar bisa diserap Bulog.
Kita berharap, Bulog lebih aktif lagi membeli beras petani. Ini penting untuk mencegah anjloknya harga di tingkat petani saat panen.

Bulog tak boleh kalah gesit dari tengkulak beras. Begitu ada kabar di satu daerah bakal panen raya, Bulog harus lebih cepat sampai ke daerah tersebut untuk kemudian menyerap beras petani.

Kita juga berharap, Bulog segera menyederhanakan proses pembelian beras dari petani atau kelompok tani.

Ke depan ini, petani jangan dipersulit untuk menjual berasnya ke Bulog. Persyaratan pembelian beras sudah saatnya dilonggarkan. Kalau syaratnya tidak rumit dan harganya baik, petani kecil pasti akan lebih suka menjual berasnya ke Bulog.
Kemarau tahun ini diramalkan masih akan kering dan panjang seperti tahun 2023. Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, Bulog mesti me­nyerap sebanyak-banyaknya beras petani dari panen mendatang ini. Sehingga ditambah beras asal impor, stok di gudang bisa dijaga di angka 1,8 juta ton. Bahkan supaya aman, di angka 2 juta ton.

Kita berharap, perbankan mem­berikan pinjaman berbunga rendah, sehingga Bulog bisa menyerap beras petani lebih banyak lagi.

Satgas Bulog yang turun ke lapang­an, perlu dibekali dana yang cukup untuk membeli beras petani. Sekali lagi, mereka tak boleh kalah cepat dari tengkulak.
Kualitas beras petani sekarang ini rata-rata cukup baik. Bahkan, tak sedikit yang kualitasnya sangat baik. Beras dengan kualitas sangat baik, diharapkan dibeli Bulog dengan harga lebih tinggi.

Jadi sudah saatnya, Bulog ikutserta menaikkan taraf hidup petani kecil. Caranya antara lain, menyerap beras petani dengan harga lebih tinggi dari tengkulak.
Untuk musim tanam mendatang, pemerintah diharapkan memberikan lagi bantuan benih padi unggul dan pupuk kepada petani kecil. Sehingga produksi beras mereka bisa mening­kat, dengan kualitas jauh lebih baik.

Kita berharap Kementerian Perta­nian, pemerintah daerah dan Bulog terus melindungi petani kecil. Teru­tama yang berkaitan dengan benih dan pupuk. Dan, saat panen, beras mereka dibeli Bulog dengan harga yang layak.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo