TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ini Dia Beberapa Pantangan saat Imlek, Salah Satunya Jangan Menagih Utang

Laporan: Gema
Minggu, 04 Februari 2024 | 12:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Tahun Baru China atau Imlek, pada tahun ini jatuh di tanggal 10 Februari 2024, dengan dilambangkan Tahun Naga Kayu berdasarkan kalender Tiongkok. Warga keturunan China pun sudah mulai menyiapkan kedatangan hari spesial tersebut.

Namun selain menghias rumah hingga menyiapkan hidangan spesial, ternyata mereka juga disarankan agar menghindari beberapa kegiatan tertentu untuk mencegah malapetaka.

Berikut adalah beberapa pantangan saat Tahun Baru Imlek:

1. Jangan mengunjungi keluarga istri

Pengantin wanita biasanya akan pindah ke rumah pengantin pria setelah menikah, hal itu pun akan membuat sang wanita akan merayakan Tahun Baru Imlek bersama dengan keluarga suaminya. Jika perempuan mengunjungi orang tuanya di hari itu, dipercaya akan membawa kesialan bagi seluruh keluarganya.

2. Hindari minum obat

Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat saat merayakan Tahun Baru Imlek agar terhindar dari penyakit sepanjang tahun. Namun, jika Anda memiliki penyakit kronis, kesehatan harus tetap diutamakan.

3. Jangan makan bubur

Pada zaman dahulu, bubur merupakan makanan yang hanya dimakan oleh orang miskin. Maka dari itu, bubur tidak boleh dimakan saat Tahun Baru Imlek, lantaran dipercaya sebagai pertanda buruk.

4. Jangan membersihkan rumah

Membersihkan rumah atau membuang sampah saat Tahun Baru Imlek, diasosiasikan dengan membuang kemakmuran atau keberuntungan. Jika harus membersihkan rumah, lakukan dari tepi luar ruangan dan baru menyapu ke dalam. Sampah juga baru boleh dibuang setelah hari ke-5.

5. Jangan menagih utang

Setiap orang ingin merayakan Imlek tanpa rasa khawatir. Menuntut pembayaran utang, dianggap akan mendatangkan nasib buruh untuk kedua belah pihak. Kegiatan ini baru boleh dilakukan setidaknya setelah hari ke-5 perayaan Imlek.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo