TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cepat Pasok Beras Ke Pasar Rakyat

Oleh: KIKI ISWARA DARMAYANA
Minggu, 18 Februari 2024 | 07:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Kenaikan harga beras di pasar rakyat sepekan terakhir ini mesti secepatnya diatasi dengan menambah pasokan dari gudang-gudang Bulog. Bahkan, kalau perlu banjiri pasar rakyat, sehingga harga beras bisa turun lebih cepat.
Kita berharap, ke depan ini persediaan beras di pasar rakyat dan pasar tradisional, terus bertambah hingga jauh di atas kebutuhan masyarakat. Artinya, stok beras di pasar harus selalu berlebih.
Pada Maret dan April 2024 mendatang ini, di beberapa daerah sudah mulai panen. Beras petani, sebagian akan dibeli Bulog dan sebagian lagi dijual ke pasar.

Saat panen pasokan beras ke pasar rakyat biasanya melonjak. Dan, ini diharapkan mampu membuat harga beras kembali stabil.

Oleh karena itu, saat panen mendatang, kita berharap, Bulog menyerap sebagian besar beras petani. Sehingga stok beras Bulog di gudang bisa selalu berada di angka rata-rata 2 juta ton. Dan, ketika kemudian muncul tandatanda harga beras akan naik, Bulog bisa melepaskan lagi berasnya ke pasar.

Untuk itu, kita berharap pihak Kementerian Perdagangan, pemerintah daerah dan Bulog terus memonitor persediaan beras di pasar. Begitu stok di kios-kios menipis, segera banjiri pasar.

Pihak Kementerian Perdagangan juga harus mengawasi mata rantai perdagangan beras, mulai dari pasar induk, pasar kota hingga pasar tradisional.
Begitu ada tanda-tanda pasokan beras, dari pasar induk tersendat, cepat diintervensi. Sehingga harga beras di pasar tradisional tetap stabil.

Pihak Kementerian Perdagangan bersama-sama dengan gubernur, walikota dan bupati juga harus memantau, apakah para spekulan masih coba-coba bermain. Begitu ada tanda-tanda, spekulan coba bermain, langsung saja ditindak tegas.

Kepala daerah juga mesti mengingatkan para bandar beras agar tidak menimbun beras saat pasokan dari petani ke pedagang menurun.
Supaya harga beras tetap terjangkau orang-orang yang ada di lapisan paling bawah, pemerintah secara rutin mesti melakukan operasi pasar. Kita berharap, operasi pasar beras juga dilakukan BUMN dan pengusaha besar, sehingga jangkauannya lebih luas.
Sekali lagi, beras adalah komoditi pangan strategis yang harus selalu di jaga stoknya, baik di gudang Bulog maupun pasar rakyat. Sebab, kalau per sediaan di pasar menipis, rakyat kecil lah yang akan terpukul karena tak mampu lagi membeli beras. Jadi cepat banjiri pasar beras.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo