TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menjelang Ramadan, Pemprov Banten Fokus Menjaga Pasokan Beras Tetap Aman

Oleh: Mg.Nabil
Selasa, 27 Februari 2024 | 16:50 WIB
Pedagang beras di Pasar Tradisional. Foto : Ist
Pedagang beras di Pasar Tradisional. Foto : Ist

TANGERANG - Menjelang bulan Ramadan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya mengendalikan inflasi serta memastikan ketersediaan bahan pokok, terutama beras.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten, Virgojanti, menyampaikan hal tersebut saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang diselenggarakan secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada Senin, 26 Februari 2024.

Inflasi kita cukup terkendali, itu kita pertahankan. Apalagi kita akan menghadapi hari besar keagamaan bulan suci Ramadan. Mudah-mudahan kebutuhan bahan pokok masyarakat tersedia dan masyarakat dapat mengakses kebutuhan pangan sehari-harinya," jelas Virgojanti.

Menurutnya, tingkat inflasi di Provinsi Banten pada bulan Januari 2024 mencapai 2,59 persen. Angka tersebut merupakan hasil dari kombinasi tingkat inflasi di Kota Serang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

"Kita juga akan terus koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan monitor ketersedian pangan. Termasuk berkoordinasi dengan satgas pangan guna pengendalian inflasi," ungkap Virgojanti.

Adapun mengenai masalah kenaikan harga beras, ia menyatakan akan berkoordinasi dengan Bulog dan BAPANAS untuk memastikan distribusi beras dalam rangka program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP).

"Pemerintah daerah dan pusat terus berkoordinasi dalam rangka pemenuhan ketersediaan kebutuhan beras di setiap daerah," lengkap Virgojanti.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Banten, melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)-nya, PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM), telah bekerjasama dengan produsen beras untuk memastikan ketersediaan stok beras, terutama beras kelas premium.

"Ini akan saya pantau sudah sejauh mana realisasi MoU-nya untuk memenuhi kebutuhan stok beras khususnya beras premium," tambah Virgojanti.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo