TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Ramadan, TPBU Cempaka Putih Mulai Ramai Didatangi Peziarah

Oleh: Mg.Rizki
Senin, 04 Maret 2024 | 13:10 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT TIMUR - Menjelang bulan Ramadan, para peziarah tampak sudah mulai mendatangi Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Seperti diketahui, tradisi ziarah ini sudah menjadi tradisi sebagian besar umat muslim di Indonesia, terutama pada saat menjelang bulan Ramadan. Bukan tanpa sebab, ziarah makam ini dilakukan guna mengenang dan mendoakan seseorang yang telah meninggal dunia.

Hal ini pun dilakukan oleh seorang peziarah di TPBU Cempaka Putih, Rohman. Pada Minggu (3/3) kemarin, ia berziarah bersama dengan keluarganya untuk mendoakan anggota keluarga yang sudah tiada.
.
"Ini tradisi ziarah makam kubur setiap mau puasa," katanya saat diwawancara.

Menurutnya, ziarah juga bisa diartikan sebagai bagian untuk mengenang orang yang telah tiada sekaligus mengirimkan doa terbaik.

"Mengunjungi makam atau kubur juga bagian dari pengingat manusia yang masih hidup bahwa nantinya akan mengalami kematian," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan peziarah lainnya, Septian. Tak lain kedatangan dirinya ke makam itu untuk mendoakan sang ibunda tercinta.

"Sederhananya untuk mendoakan aja sih, sekaligus mengenang almarhum orang tua," paparnya.

Baginya, ziarah makam ke makam orang tuanya itu sudah menjadi tradisi bagi masyarakat luas. Terutama pada saat menjelang Ramadan.

"Sebenarnya gak perlu nunggu puasa, ya di bulan lainnya juga kalau perlu datang ziarah, tapi ini kan jadi satu tradisi yang baik pula, yang manfaatnya kan bisa untuk doa dan mengenang orang-orang yang sudah meninggal," tambahnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo