TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dinkes Tangerang: 1.200 Kasus DBD Ditemukan dalam Dua Bulan Pertama Tahun 2024

Oleh: Mg.Nabil
Rabu, 06 Maret 2024 | 13:02 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mencatat bahwa terjadi peningkatan jumlah kasus pada penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Data yang diterima menunjukkan bahwa pada bulan Januari 2024 terdapat 600 kasus, sedangkan pada bulan Februari jumlahnya mencapai 600 kasus.

"Jika ditotal secara keseluruhan dalam dua bulan terakhir itu bisa mencapai 1.200 kasus DBD," jelas dr Achmad Muchlis, Kepala dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tangerang, Selasa (5/3/2024).

Kasus DBD menyerang segala usia, dari anak-anak hingga lansia, di Tangerang dan seluruh pasien yang terjangkit mendapatkan fasilitas perawatan daerah, seperti puskesmas sampai dengan rumah sakit (RS).

"Kasus ini menyerang mulai dari anak-anak dan lansia. Dan untuk kasus DBD ini, di bulan Februari ada empat pasien meninggal dunia, di antaranya dari wilayah Panongan, Jambe dan Cikupa," tambahnya.

Selain mempersiapkan seluruh fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kesiagaan, mereka juga menginstruksikan petugas penyuluh kesehatan di tingkat kecamatan untuk menyelenggarakan sosialisasi tentang langkah-langkah pencegahan serta dampak penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

"Di seluruh tempat kesehatan kita sudah siapkan obat-obatan, fogging nyamuk dan fasilitas pencegah DBD lainnya. Bahkan, kita sudah berkoordinasi agar seluruh puskesmas dan RS milik daerah serta swasta agar bersiaga. Dan imbauan juga, agar warga masyarakat untuk mau memeriksa jentik rumah masing-masing (satu rumah satu jumantik) untuk menurunkan kasus DBD ini," ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo