TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Airin Dan Okta, Dua Politisi Perempuan Peraih Suara Terbanyak Banten III

Laporan: Irma Permata Sari
Minggu, 10 Maret 2024 | 05:30 WIB
Foto ,: Ist
Foto ,: Ist

TANGERANG - Kejutan terjadi di daerah pemilihan (dapil) 3 Banten. Dua politisi perempuan lolos ke Senayan setelah mendapatkan suara terbanyak di wilayah yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. Mantan wali kota Tangsel Airin Rachmi Diany berhasil meraih 639.064 suara dan menduduki peringkat pertama sedangkan politisi perempuan lainnya adalah pendatang baru Okta Kumala Dewi, pengusaha wanita yang berhasil meraih 302.878 suara. 

Sebaran suara kedua politisi perempuan ini di Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang, jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa nama besar lainnya termasuk petahana. Airin berhasil mengeser kedudukan dua mantan gubernur Banten yaitu Rano Karno dan Wahidin Halim.

Yang menarik adalah sosok Okta Kumala Dewi, pendatang baru yang berhasil mengeser banyak petahana. Sosok Okta sapaan akrabnya ternyata mewakili organisasi Perempuan Amanat Nasional (PUAN) di Banten. Politisi ini sebelumnya adalah karyawan biasa yang membangun kariernya dari bawah. Perjuangan panjang berhasil dilalui hingga ia mampu berdiri tangguh menjadi seorang pengusaha dan kemudian dikenal masyarakat.

Dikenal sebagai pengusaha dengan sosok ramah, rendah hati dan berkarakter kuat, Okta sering membantu masyarakat dalam segala kondisi. Sifatnya yang ramah membuat ia mudah bersosialisasi dengan siapa pun. Okta, kelahiran Jakarta, 6 Oktober memutuskan untuk terjun ke politik karena memiliki keinginan kuat untuk membantu orang lain. Kebetulan bisnis Okta di bidang kesehatan, sehingga dirinya jadi lebih mudah untuk mengerahkan kemampuannya dalam membantu banyak orang.

Penghitungan suara Calon Anggota DPR RI di Dapil Banten III ini telah selesai dilakukan di seluruh kecamatan hingga Provinsi. 10 nama yang mengisi jatah 10 kursi DPR RI untuk Dapil Banten III pun kini sudah diketahui.

Partai Golkar memperoleh 2 kursi. Sementara PKS, PKB, Gerindra, Demokrat, NasDem dan PAN masing-masing memperoleh 1 kursi. PDIP yang seharusnya bisa mendapatkan 2 kursi harus menunggu perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang masih menunggu total perolehan suara secara nasional untuk mendapatkan kuota Parlemen Treshold 4 persen. Jika PSI lolos, maka PDIP hanya mendapatkan 1 kursi saja. 

 
Perolehan Suara dan Kursi Hasil Rekapituasi Dapil 3 Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan)

 
1. Golkar   Airin Rachmi Diani          639.064
2. PDIP     Rano Karno                  535.004
3. PKS      Habib Idrus Salim Al-Jufri  419.898
4. Gerindra Sufmi Dasco Ahmad           119.692
5. PKB      Rano Alfat                  286.556
6. PAN      Okta Kumala Dewi            267.138
7. Demokrat Zulfikar Hamonangan         237.876
8. Nasdem   Wahidin Halim               231.754
9. Golkar   Andi Darra                  213.021
10.PSI      Isyana Bagoes Oka           203.079
11.PDIP     Marinus Gea                 178335.


sumber: Hasil Pleno Kabupaten/Kota Tangerang Raya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo